Siapa Bilang Anak Muda Gak Bisa Berqurban?

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi tiba, orang-orang mulai berlomba-lomba membeli hewan qurban. Bagaimana dengan anak muda yang rata-rata masih berstatus mahasiswa? Atau freshgraduated yang belum punya penghasilan yang cukup? Belum bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, kerap menjadi alasan untuk tidak melakukan ibadah setahun sekali ini. Tapi, apa benar anak muda yang belum punya penghasilan mampu membeli hewan qurban?

Gak usah qurban juga gapapa!

Eits, tapi Idul Adha tahun ini berbeda. Biasanya, umat Islam menunaikan ibadah haji dan berqurban untuk merayakan hari raya tersebut. Namun di tahun ini, pandemi COVID19 menyebabkan ibadah haji dibatalkan dengan alasan keamanan kesehatan. So, ibadah qurban menjadi satu-satunya pilihan untuk merayakan hari raya Idul Adha sekaligus ‘menenangkan hati’ yang sedih karena tidak dapat melakukan ibadah haji.

Karena haji tahun ini ditiadakan, maka ibadah qurban menjadi ibadah yang memiliki tingkat keutamaan paling tinggi. Bahkan pahalanya bisa menyamai ibadah haji itu sendiri. Ibadah qurban hukumnya sunnah mu’akadah. Yaitu ibadah sunnah yang sifatnya sangat dianjurkan, karena ibadah ini memiliki keutamaan yang tidak bisa digantikan dengan ibadah lainnya.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah Ra. ia berkata, bahwa Nabi Saw bersabda: “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya qurban, lebih dicintai Allah selain dari menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak di hari Kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan pahala qurban itu.” (HR. Tirmidzi, no: 1413)

Qurban berarti mendekat, selain sebagai bukti rasa syukur, dan keikhlasan kita. Qurban juga adalah cara kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah dan menggapai ridha Allah SWT. Tau gak sih sob, biaya untuk haji membutuhkan 50juta rupiah loh, dan harus menunggu 10 sampai puluhan tahun lamanya. Di tengah pandemi ini, kita diberikan kesempatan untuk meraih keutamaan di bulan Dzulhijjah hanya dengan berqurban. Di Zakat Sukses, hanya dengan 2,15juta kita sudah bisa berqurban dan berbagi kebahagiaan dengan saudara kita di pelosok nusantara yang mungkin hanya setahun sekali bisa merasakan daging. So, masih yakin nih gamau ikutan berqurban?

Tapi kan uangnya belum cukup… boro-boro buat qurban, beli paket aja masih minta sama enyak babe

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh IDN Research Institute, anak muda khususnya millenials  adalah generasi yang connected, confidence dan creative. Mereka adalah anak-anak muda yang pandai bersosialisasi, aktif dalam berbagai komunitas dan sangat aktif berselancar di media sosial. Mereka percaya diri, berani mengemukakan pendapat, kreatif dan punya pola pikir out of the box. Termasuk kamu!

Kamu adalah anak muda yang kami cari untuk menjadi Sahabat Qurban! Dengan menjadi Sahabat Qurban, tanpa mengeluarkan uang kamu bisa ikut berqurban.

Emang bisa? Gimana caranya?

Bisa dong!

Sahabat qurban merupakan agen kebaikan dalam mengedukasi dan mengajak orang lain untuk melaksanakan qurban. Setiap sahabat qurban yang berhasil mengajak 10 orang untuk berquban melalui laz zakat sukses, akan mendapatkan insentif 10% perhewan dari total harga hewan qurban. Jadi, dari insentif tersebut kamu sudah bisa berqurban loh. Jadi, tunggu apa lagi guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *