LAZ

LAZ Zakat Sukses Salurkan Bantuan Untuk Korban Erupsi


LAZ Zakat Sukses Salurkan Bantuan Untuk Korban Erupsi – Selasa 14 Desember 2021, LAZ Zakat Sukses salurkan bantuan langsung untuk para korban yang terdampak Erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Candipuro, Jawa Timur. Bantuan yang diberikan merupakan hasil kumpulan dari donasi para donatur yang dikhususkan untuk korban bencana erupsi. Bantuan tersebut meliputi obat-obatan, masker, perlengkapan alat solat seperti mukena, sarung & sajadah, sandal, dan perlengkapan kebutuhan makanan.

Proses penyerahan donasi yang terkumpul akan diserahkan kepada korban Erupsi Gunung Semeru melalui beberapa tahap. Pada tahap pertama, LAZ Zakat Sukses sudah menyalurkan langsung ke setiap posko bencana agar disebarkan kepada para korban bencana secara merata. Sementara pada tahap selanjutnya, Zakat Sukses akan memberikan bantuan yang dikhususkan untuk recovery seperti pembangunan mesjid, renovasi infrastruktur umum yang rusak, dan memperbaiki fasilitas umum lainnya yang dikhususkan untuk wilayah Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Penyaluran ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya koordinasi yang baik dari berbagai pihak pendukung. Untuk itu, LAZ Zakat Sukses mengucapkan terima kasih kepada LAZ Rizki Kabupaten Jember yang telah senantiasa menemani kami selama penyaluran berlangsung mulai hari Selasa hingga Rabu 15 Desember 2021. Kolaborasi dan kerja sama inilah yang mengantarkan LAZ Zakat Sukses dapat menyalurkan bantuan yang terkumpul dengan baik dan lancar.

Tercatat, LAZ Zakat Sukses telah menyalurkan bantuan yang tersebar di berbagai posko bencana di kawasan Kecamatan Candipuro, Lumajang. Meski dijaga ketat oleh aparat keamanan, namun LAZ Zakat Sukses telah mendapat izin untuk memberikan langsung bantuan kepada posko yang telah ditentukan sebagai sasaran penerima manfaat bantuan. Kondisi di wilayah tersebut pun masih terpantau aman dengan status yang telah berubah dari bahaya menjadi waspada.

Pada saat LAZ Zakat Sukses tiba di lokasi posko, kami melihat terdapat berbagai tenda yang dibangun dan telah diisi oleh pengungsi korban Erupsi Gunung Semeru. Rata-rata mereka merupakan korban yang lokasi kediaman rumahnya dekat dengan Gunung Semeru. Mereka mengatakan saat ini dirinya sudah tidak memiliki tempat tinggal lagi akibat muntahan lahar Gunung Semeru. Bahkan, terdapat beberapa korban yang keluarganya telah meninggal dan beberapa lainnya masih belum ditemukan.

Para korban saat ini hanya berharap dapat diberikan bantuan tempat tinggal dan uang tunai disamping bantuan makanan dan obat-obatan. Pasalnya, Ibu Ngatri, salah seorang korban mengeluh saat ini dirinya sudah tidak memiliki uang, dan tempat tinggal lagi akibat bencana Erupsi Gunung Semeru yang menimpa dirinya. Ia berharap pemerintah atau orang baik lainnya dapat membantu dirinya dan korban lainnya dalam memenuhi kebutuhan yang saat ini diperlukan terutama tempat tinggal. Menurutnya, ia tidak bisa selamanya tinggal di pengungsian dan mau tak mau haru memiliki tempat tinggal baru.

Saat ini, jumlah korban bencana erupsi lebih dari 2.900 dan akan terus bertambah seiring masih terdapat beberapa korban yang masih belum ditemukan. Menurut data dari BNPB, tercatat terdapat 9.977 orang yang mengungsi dan tersebar di 148 titik posko pengungsian Kabupaten Lumajang. Aktivitas warga pun masih terbatas, dan belum sepenuhnya lepas dari posko pengungsian. Meski demikian, di tengah erupsi yang belum henti, sebagian anak-anak SD, SMP, maupun SMA sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Lebih lanjut, sebagian warga merasa rindu ingin melakukan aktivitas seperti biasanya mulai menanam padi, berkebun, dan lainnya. Seluruhnya harus tertahan akibat luapan lahar Gunung Semeru yang belum aman. Mereka pun bisa memaklumi hal tersebut karena keselamatan diri merupakan hal utama yang harus diprioritaskan. Fokus mereka saat ini adalah memperbaiki kesehatan mental dan fisik akibat bencana Erupsi Gunung Semeru. Menurut salah satu warga, tak hanya kesehatan fisik yang terganggu namun kesehatan jiwa para korban pun terganggu karena harus ikhlas kehilangan saudara maupun keluarganya.

Sebagai informasi, saat ini aparat keamanan bersama dengan tim evakuasi bencana dan berbagai pihak terkait lainnya masih mencari korban lain yang masih belum ditemukan hingga saat ini. Tim evakuasi mengatakan para korban yang belum ditemukan kemungkinan besar tertimbun longsoran tanah dan reruntuhan bangunan yang sulit digali dengan alat proyek bangunan akibat tanah yang sudah mulai mengeras. Namun, tim evakuasi tetap semangat mencari korban yang hilang dengan tetap memperhatikan keselamatan diri seperti helm pengaman, pakaian evakuasi, dan pelindung lainnya yang mendukung jalannya pencarian korban.

Terakhir, Pak Ismed sebagai direktur LAZ Rizki mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan kolaborasi dalam memberikan bantuan kepada para korban Erupsi Gunung Semeru. Ia mengatakan bahwa LAZ Rizki dengan senang hati membantu, menyambut, dan menemani LAZ Rizki selama proses penyaluran. Menurutnya, sudah seharusnya sesama lembaga zakat saling membantu dan berkolaborasi dalam hal berbuat kebaikan khususnya bencana yang baru saja terjadi yaitu Erupsi Gunung Semeru.

Sahabat, mari bersama kita doakan agar Erupsi Gunung Semeru dapat segera pulih dan membaik. Para korban yang masih ditemukan semoga dapat segera ditemukan. Bagi pengungsi korban Erupsi Gunung Semeru semoga diberikan ketabahan, kesabaran, dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan untuk tim evakuasi dan pihak terkait lainnya untuk mengevakuasi korban dan reruntuhan bangunan yang tertimbun abu vulkanik, Aamin Ya Allah Ya Rabbal Alamin.

LAZ
LAZ