ZS Beraksi! 100 Warga Dapatkan Cek Kesehatan GRATIS Supaya Sehat


ZS Beraksi! 100 Warga Dapatkan Cek Kesehatan GRATIS Supaya Sehat – Bukan Zakat Sukses namanya bila program yang dijalankan tidak SUKSES. Berbagai program di lima pilar telah dijalankan dengan baik dan terstruktur mulai dari dakwah, kesehatan & lingkungan, sosial kemanusiaan, pemberdayaan, dan pendidikan. Salah satu program di pilar kesehatan yang terbilang SUKSES dalam pelaksanaannya adalah Program Layanan Kesehatan Terpadu.

Program ini menghadirkan cek kesehatan secara GRATIS oleh tenaga ahli Zakat Sukses dengan latar belakang kesehatan. Fitri A. Rahma dan Shafa Nabila, merupakan dua sosok nama yang sering hadir mengunjungi warga Sukmajaya guna memberikan pemeriksaan kesehatan. Keduanya merupakan alumni Universitas Indonesia dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK).

Selama melakukan pelayanan, keduanya selalu menerapkan etos kerja yang baik, ramah, dan sopan. Selain itu, dalam melakukan pemeriksaan kesehatan keduanya selalu mengutamakan keselamatan dengan berhati-hati. Pemeriksaan kesehatan yang diberikan oleh Zakat Sukses adalah berupa gula darah sewaktu, asam urat, dan kolesterol. Ditambah dengan amunisi berupa pamflet dan spanduk untuk pemberian edukasi.

Ini ditunjukkan ketika pemeriksaan kesehatan di RW 10 pada (10/11) dan RW 11 (11/11). Seluruh peserta yang mayoritas diikuti oleh lansia mendapatkan pelayanan yang baik oleh tim Zakat Sukses. Mereka pun terlihat senang dan antusias untuk tetap rutin mengikuti program kesehatan ini di setiap bulannya. Berdasarkan data yang ada, sebanyak 100 warga dalam dua hari pelaksanaan memadati posko pemeriksaan. Dibantu oleh tim Posbindu Sukmajaya, proses pelaksanaan cek kesehatan GRATIS berjalan dengan rapi dan kondusif.

Selain memberikan pengecekan kesehatan, petugas kesehatan kami pun terbuka bila warga ingin berkonsultasi. Konsultasi dan edukasi ini dilakukan guna menyadarkan warga betapa pentingnya mengatur pola hidup yang sehat, melakukan pencegahan dengan menghindari kebiasaan buruk (rokok, begadang), dan meningkatkan aktivitas fisik seperti senam atau olahraga. Dari program yang telah berjalan sejak Juni ini, Alhamdulillah produktivitas hidup warga RW 10 dan 11 Mekarjaya di setiap bulannya mengalami perubahan ke arah positif. Kemajuan dan perubahan inilah yang diharapkan dari kami dari penyelenggaraan program layanan kesehatan.

Pelaksanaan program layanan kesehatan masyarakat juga telah mendapat dukungan penuh dari Ibu Lurah Mekarjaya dan Pokja IV TP PKK Mekarjaya. Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat di Kota Depok dan kedepannya dapat menjalin kerja sama dengan seluruh Posbindu PTM yang ada di Kota Depok guna menjadikan Kota Depok yang lebih sehat lagi.

Mewakili Posbindu dan para kader, Ibu Wiwit mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang telah dilaksanakan selama rentang Juni s.d November. Kerja sama ini merupakan salah satu komitmen LAZ Zakat Sukses dalam berkontribusi melayani akses kesehatan gratis. “Terima kasih Zakat Sukses untuk dukungannya memenuhi permintaan kami dalam melayani pemeriksaan kesehatan gratis utamanya lansia. Saya berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan berjalan dengan baik, serta banyak masyarakat yang merasakan kehadiran manfaat adanya program kesehatan ini,” pungkasnya.