mabit tahun baru

Zakat Sukses Sponsori Kegiatan MABIT Masjid Jami’ Al-Huda Cimanggis


Berakhir sudah segala kegiatan di tahun 2022. Dimana ada pertemuan, di sana pula lah terdapat perpisahan. Hal inilah yang telah dilakukan oleh sekelompok Remaja Islam Masjid Jami’ Al-Huda (Rismada) dalam menyambut pergantian tahun 2022 menuju 2023. Guna menutup tahun 2022 dengan hal kebaikan, Rismada Cimanggis menggelar Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) selama dua hari yaitu pada malam 31 Desember 2022 hingga pagi hari di 01 Januari 2023.

Dalam kesempatan penuh kebahagiaan ini, LAZ Zakat Sukses turut berkontribusi dalam mendukung pelaksanaan Mabit di Masjid Jami’Al-Huda Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Dengan mengusung tema “Appreciate Yesterday, Create Tomorrow”, kegiatan Mabit ini hadir dalam rangka memberikan wadah refleksi dan apresiasi kepada umat muslim atas musibah dan kejadian yag terjadi sepanjang tahun 2022. Penyelenggaraan Mabit ini juga bertujuan sebagai bahan evaluasi diri untuk menjadi lebih baik, mensyukuri atas nikmat yang telah Allah SWT berikan, serta meningkatkan keimanan & ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan memperbanyak amalan dan ibadah di tahun 2023 mendatang.

Terdapat tiga rangkaian utama yang disajikan oleh Rismada Cimanggis selaku panitia Mabit, yaitu kajian, musahabah, dan penggalangan dana bagi saudara Tanah Air kita yang terkena musibah bencana. Pada agenda Mabit ini, kajian diadakan dalam dua waktu yang berbeda yaitu, pasca sholat Isya dan selepas sholat Subuh. Tema yang diusung yaitu “Ada Apa dengan Umat Muslim Hari Ini? Dan Bagaimana Menjadi Muslim yang Ideal?”

Usai rangkaian kajian dilaksanakan, agenda Mabit pun berlanjut ke Muhasabah. Muhasabah merupakan kegiatan untuk merefleksikan tindakan atau perbuatan yang telah dilakukan sebagai bahan evaluasi diri. Setelahnya, tim Rismada bermitra dengan tim LAZ Zakat Sukses yang hadir melakukan penggalangan dana untuk disalurkan kepada para korban bencana.

Berdasarkan pendataan tim panitia, Alhamdulillah, dana yang terkumpul dari penggalangan dana tersebut senilai Rp4.500.000. Nantinya, bantuan yang telah terkumpul akan diserahkan kepada para korban terdampak bencana di Indonesia. Sebagai informasi tambahan, secara keseluruhan, kegiatan Mabit Masjid Jami’Al-Huda tersebut dihadiri oleh 371 peserta.

Masya Allah, Subhanallah, Allahuakbar. Bahagianya kami melihat umat Muslim dari berbagai wilayah Depok memenuhi Masjid Jami ’Al-Huda dalam rangka mengikuti kegiatan Mabit. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Hasyr ayat 18 yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah. Hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok. Bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” LAZ Zakat Sukses berharap melalui kegiatan ini, baik panitia, peserta dan seluruh pihak yang terlibat bisa selalu bermuhasabah dan meningkatkan kualitas diri dan iman di tahun baru 2023. aamiin..