wtp

Zakat Sukses Raih Opini WTP Enam Kali Berturut-Turut


Zakat Sukses Raih Opini WTP Enam Kali Berturut-Turut – Kabar membanggakan baru saja menyelimuti LAZ Zakat Sukses. Kabar tersebut datang setelah LAZ Zakat Sukses berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan tahun 2021. Artinya, Zakat Sukses telah memperoleh opini WTP untuk laporan keuangan enam kali berturut-turut sejak tahun 2016.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat, semua Lembaga Amil Zakat (LAZ) harus bersedia diaudit syariat dan keuangan. Hal ini adalah salah satu tantangan bagi lembaga pengelola zakat dalam memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Dengan melakukan audit keuangan, LAZ Zakat Sukses tidak hanya menunaikan kewajiban. Namun, LAZ Zakat Sukses juga telah menunaikan komitmen sebagai LAZ yang akuntabel dan terpercaya.

LAZ Zakat Sukses sebagai lembaga zakat yang amanah dan transparan selalu menghadirkan laporan keuangan kepada masyarakat baik melalui laporan tahunan (annual report) yang dapat didownload melalui website resmi, dan sosial media LAZ Zakat Sukses. Upaya ini dilakukan sebagai wujud pertanggungjawaban LAZ Zakat Sukses sebagai lembaga zakat yang amanah, transparan, dan terpercaya  dalam mengelola ZIS (Zakat, Infaq, dan Shodaqoh).

Dalam penilaian WTP, terdapat empat indikator penilaian di dalamnya, yaitu kesesuaian laporan keuangan dengan SAP (Standar Akuntansi Pemerintahan), kecukupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta efektivitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah).

Keberhasilan LAZ Zakat Sukses dalam meraih WTP enam kali berturut turut tak lepas dari kinerja tim dalam mengupayakan penghimpunan, pencatatan dan pengelolaan program yang berjalan. Program yang berjalan dibagi ke dalam beberapa pilar utama yaitu sosial kemanusiaan, dakwah, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, dan lingkungan.

Tak hanya itu, sebagai lembaga zakat yang amanah, LAZ Zakat Sukses selalu melakukan penyeleksian kepada para penerima manfaat secara ketat melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah seleksi berkas dan dilanjutkan dengan wawancara dan survei. Hal ini dilakukan agar bantuan yang diberikan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran.

“Harapannya ke depan, LAZ Zakat Sukses dapat terus menjaga profesionalisme dan transparansi pengelolaan keuangan. Hal ini tentunya akan meningkatkan trust (kepercayaan) masyarakat terhadap LAZ Zakat Sukses sehingga bisa terus menebar lebih banyak manfaat untuk masyarakat, terutama masyarakat di sekitar Depok,” ujar Direktur LAZ Zakat Sukses, Bapak Sunarto Zukifli, S.TP., M.M.