Zakat Sukses – Kitabisa dan Riaricis Berbagi Sembako Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Di Era Pandemi COVID19

Pangan yang menjadi salah satu kebutuhan pokok selain sandang dan papan kini sudah mulai sulit didapat di era pandemi COVID19 ini. Kesulitan tersebut diperparah dengan adanya PHK besar-besaran yang terjadi di Indonesia ini khususnya di kota besar seperti Jakarta. Kedua masalah tersebut membuat masyarakat Indonesia kini mengalami krisis pangan dan ekonomi ditengah pandemi COVID19.

Menanggapi isu tersebut, LAZ Zakat Sukses bersama Kitabisa.com dan menggandeng Ria Ricis selaku influencer mengadakan program aksi pembagian sembako pada tanggal 15-16 April 2020 untuk para pekerja informal dan para dhuafa yang terdampak ekonomi karena pandemi COVID19. Program ini diharapkan dapat memberikan ketahanan pangan bagi mereka dari yang sudah di PHK maupun pedagang yang sepi pembeli.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang terdiri dari beras, sarden kaleng, susu kental manis, teh celup, minyak goreng, vitamin, masker, dan mie instan. Paket sembako sebanyak 210 paket tersebut merupakan hasil dari galang dana yang dilakukan oleh Ria Ricis dalam sebuah campaign di Kitabisa.com.

Saiyan, selaku pengemudi ojek online mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur dan pihak yang terlibat dalam aksi berbagi sembako ini. “Terlebih kan sekarang lagi sepi, saya dua minggu ngojek aja cuma dapet satu. Itu aja udah beruntung.” tutupnya.

Ibu Emi dan Suami

Begitu juga dengan ibu Emi, selaku tukang urut. Dirinya mengatakan bahwa sulit sekali mencari rupiah ditengah pandemi COVID19 ini. “Saya mah kalo misalnya keadaan begini terus bisa mati (karena tidak bisa makan). Tapi saya yakin, Allah pasti kasih rezeki ke kita.”

Mereka berharap, pandemi COVID19 yang sudah kurang lebih dua bulan menjangkit Indonesia dapat hilang lebih cepat dan mereka dapat kembali beraktivitas kembali seperti sedia kala.