logozs

Salam Dari Direktur

Sunarto Zulkifli, S.T.P., M.M.

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Pertama kali kami mengucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah Subhanahu Wata’ala atas seluruh rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa mengisi tahun 2020 dengan berbagai aktifitas dengan baik dan lancar. Terima kasih kepada Bapak, Ibu dan seluruh Sahabat Zakat sekalian atas do’a dan dukungan kepada LAZ Zakat Sukses sehingga semua program Berbagi Bahagia bisa berjalan dengan baik. Insya Allah kami akan terus memperbaiki diri agar tetap menjadi Lembaga Zakat yang amanah, transparan dan profesional. Kami mengawali tahun 2020 ini dengan tema “Berbagi Bahagia”. Hal ini dimaksudkan untuk mengajak seluruh aspek masyarakat untuk saling berbagi yang pada akhirnya berdampak bahagia bagi semua pihak, baik muzakki maupun mustahik.

Pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 telah mengimbas banyak hal, termasuk LAZ Zakat Sukses. Berbagai kegiatan yang dahulu dilaksanakan secara masif bersama muzakki dan mustahik di tahun 2020 banyak yang harus dibatalkan. Acara LAZ Zakat Sukses dengan beberapa mitra sekolah pun terhenti hingga kini karena penutupan sekolah selama pandemi. Selain itu, sebagian besar dana penyaluran kami dialihkan penyalurannya kepada program pemulihan dampak pandemi Covid-19.

Namun demikian, alhamdulillah selama tahun 2020 LAZ Zakat Sukses masih tetap berusaha konsisten melaksanakan 5 pilar program kebaikan yakni; Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Ekonomi, Sosial, dan Dakwah. Meskipun porsi terbesarnya adalah bantuan terkait Covid-19, yang terdiri dari 3 hal utama yakni; sosialisasi edukasi masyarakat tentang Covid-19, kegiatan pencegahan dan penanganan kasus Covid-19.

Kegiatan sosialisasi kami lakukan dengan melaksanakan berbagai webinar kesehatan, konsultasi kesehatan dan menerbitkan buku tentang Covid-19 yang bisa di-download secara gratis di website www.zakatsukses.org. Kami juga melaksanakan kegiatan pencegahan antara lain; penyemprotan disinfektan ke masjid, sekolah dan rumah warga yang saat itu terindikasi positif covid-19. Alhamdulillah kami telah melakukan penyemprotan ke 174 titik sesuai permintaan masyarakat. Program pencegahan lain yang kami lakukan adalah distribusi paket kesehatan antara lain; masker, face shield, hand sanitizer dan vitamin kepada masyarakat. Untuk kegiatan penanganan kasus Covid-19 ini, LAZ Zakat Sukses juga berusaha membantu masyarakat antara lain; pengiriman bantuan makanan bagi masyarakat yang positif Covid-19, layanan ambulance gratis, pengiriman baju pelindung untuk tim Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit, serta distribusi makanan siap saji untuk tim medis dan non medis yang sedang berjuang melayani masyarakat di beberapa Rumah Sakit. Total 3.358 paket telah kami sebar ke rumah sakit rekomendasi Covid-19 yakni; RSUD kota Depok, RS Universitas Indonesia dan RS Bhayangkara.

Selain itu, LAZ Zakat Sukses juga melakukan beberapa kegiatan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 antara lain : pelaku UMKM, ojek online, PHK, dan lain-lain. Beberapa santunan telah kami kirimkan antara lain beras dan bantuan tunai secara rutin kepada 700 KK.

Dan, kami juga membuat program Ketahanan Pangan Masyarakat, dengan cara memanfaatkan lahan kosong dan potensial di sekitar masyarakat. Pemanfaatan lahan kosong dengan menanam 2.000 buah bibit singkong di Kecamatan Pancoran Mas dan distribusi 1.000 paket budidaya lele dan tanaman kangkung dalam ember.

Pada pilar Pendidikan pun kami lakukan dengan menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi. SMA Terbuka Zakat Sukses tetap berjalan dengan menerapkan program pembelajaran daring. Bahkan ada donatur perusahaan yang telah menyalurkan beberapa unit laptop untuk mendukung kegiatan belajar mengajar ini.

Dalam bidang dakwah tetap kami lakukan dengan melaksanakan berbagai webinar untuk penguatan ketahanan spiritual dan keluarga ditengah pandemi. LAZ Zakat Sukses juga memfasilitasi berbagai kegiatan webinar dengan fasilitas zoom gratis bagi lembaga ataupun masyarakat yang membutuhkan.

Di akhir tahun 2020 ini kami meluncurkan program pemberdayaan ekonomi terbaru yakni Program 1 RW 1 usaha baru. LAZ Zakat Sukses memfasilitasi dengan program pelatihan dan pendampingan usaha untuk program ini. Untuk program ini LAZ Zakat Sukses secara simultan melakukan konsultasi dengan pihak pemerintah kota Depok. Hal ini disambut dengan baik oleh pemerintah kota, karena pembentukan UMKM baru merupakan salah satu program unggulan hampir seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, LAZ Zakat Sukses juga berkonsultasi dengan pihak Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) yang difasilitasi oleh Forum Zakat terkait dengan kesesuaiannya dengan tujuan pembangunan berkelanjuitan atau SDG’s (sustainable development goals).

Selain itu program Sedekah Minyak Jelantah juga menjadi program favorit selama tahun 2020 ini. Bahkan kegiatan ini mendapatkan dukungan langsung dari beberapa unsur kecamatan di kota Depok. Selain mencegah pecncemaran lingkungan, kegiatan ini dapat menghasilkan dana untuk kegiatan sosial di masyarakat.

Bapak, ibu dan Sahabat Zakat sekalian, meskipun ditengah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir, indikator pencapaian LAZ Zakat Sukses justru tetap mengalami peningkatan. Selain itu, alhamdulillah proses Audit Keuangan oleh eksternal auditor juga telah selesai dengan hasil yang memuaskan yakni Wajar Tanpa Pengecualian. Hasil audit keuangan ini tentunya akan menjadi pemicu semangat bagi seluruh tim LAZ Zakat Sukses untuk terus meningkatkan kinerja lembaga lebih baik lagi, meski ditengah pandemi.

Perolehan dana zakat, infak dan donasi pada tahun 2020 mencapai Rp21 milyar atau naik 30% dari perolehan tahun 2019. Penyaluran dana zakat, infak dan donasi juga mengalami peningkatan. Dibandingkan tahun sebelumnya, penyaluran tahun ini mengalami peningkatan sebesar 43%, yaitu dari Rp12,23 Milyar pada tahun 2019, menjadi Rp17,55 Milyar pada tahun 2020. Penerima manfaat juga mengalami kenaikan sebesar 63%, dari 16.174 orang pada tahun 2019 menjadi 26.378 orang pada tahun 2020. Seluruh peningkatan ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat kepada LAZ Zakat Sukses terus mengalami peningkatan. Untuk itu, sekali lagi mengucapkan terima kasih yang mendalam untuk Bapak, Ibu, dan seluruh Sahabat Zakat sekalian atas dukungan dan kepercayaannya kepada LAZ Zakat Sukses.

Pada tahun 2020 ini, LAZ Zakat Sukses juga mendapatkan predikat sebagai lembaga zakat yang transparan dari hasil penelitian Dr. Dodik Siswantoro, selaku dosen Universitas Indonesia dan peneliti Zakat dan Wakaf dengan menampilkan laporan keuangan secara terbuka dalam website www.zakatsukses.org. Bahkan bisa diunduh oleh siapa pun. Hal ini menunjukkan bahwa LAZ Zakat Sukses telah menjalankan operasional lembaga zakat sesuai ketentuan pemerintah dengan penuh tanggung jawab dan transparan.

Pada akhirnya kami berdoa kepada Allah semoga Bapak, Ibu dan seluruh Sahabat Zakat sekalian senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan yang melimpah atas semua doa dan supportnya selama ini. Semoga Allah mensucikan harta dan jiwa Bapak, Ibu dan Sahabat Zakat semua beserta keluarga. Kami juga mengucapkan permohonan maaf jika masih ada layanan yang tidak memuaskan, insya Allah LAZ Zakat Sukses berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan.

Salam Sukses, semoga kita bisa terus berbagi bahagia.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.