Zakat Sukses Hadiri Rakor Publikasi Data Stunting dan AKS TPPS Depok


Zakat Sukses Hadiri Rakor Publikasi Data Stunting dan AKS TPPS Depok – Tim Zakat Sukses yang dalam hal ini diwakili oleh Manajer Program Muhammad Rizky Akbar, Koordinator Pilar Kesehatan Fitri A. Rahma, dan relawan program RW Zero Stunting Shafa Nabila turut hadir memenuhi undangan TPPS Depok. Kehadiran LAZ Zakat Sukses tersebut guna mendengarkan pembahasan publikasi data stunting dan Audit Kasus Stunting (AKS) semester 1 di tahun 2022 yang digelar oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Depok.

Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 14 November 2022 secara hybrid di Balai Kota Depok Lantai 1 Aula Teratai dan online melalui aplikasi Zoom Meeting. Untuk kegiatan luring di Balaikota, rapat koordinasi dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Depok Bapak Imam Budi Hartono, Sekretaris Daerah Kota Depok Bapak Supian Suri, Kepala Bappeda Depok Bapak Dadang Wihana, dan sejumlah perangkat daerah dan stakeholder yang tergabung di dalamnya. Untuk pelaksanaan daring, dihadiri oleh lurah-lurah Kota Depok, Ibu POKJA dan PKK.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana menuturkan, AKS dilaksanakan guna memetakan kasus-kasus stunting yang datanya diperoleh langsung dari masyarakat. Selain itu, rapat ini penting digelar guna membahas intervensi dan solusi kedepan bagi balita penderita stunting di Depok, khususnya Kecamatan Sukmajaya yang prevelensi datanya tertinggi dibandingkan wilayah lain di Kota Depok.

Dikutip dari berita.depok.go.id, Bapak Dadang menjelaskan, publikasi data stunting berguna untuk memetakan kasus stunting di setiap wilayah Kecamatan di Kota Depok. Hal ini guna melihat kecamatan dan kelurahan mana yang mengalami kenaikan atau penurunan angka stunting. “Jika terdapat kelurahan yang meningkat kasus angka stuntingnya, ini perlu kita tinjau apakah ada pertambahan penduduk atau kelahiran bayi, itulah harus dipetakan kecamatan dan kelurahannya,” tandasnya.

Pelaksanaan rakor ini bertujuan untuk mengkoordinasikan dan memberikan informasi terkait data stunting di Kota Depok kepada pihak-pihak terkait. Dalam hal ini, Zakat Sukses turut andil mendukung pemerintah mengurangi angka stunting melalui program RW Zero Stunting, sinergi bersama Kelurahan Mekarjaya. Program tersebut sudah berjalan hampir 2 bulan dengan pelaksanaan langsung mengunjungi penerima manfaat sekaligus membagikan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Usai menghadiri rapat koordinasi selama kurang lebih 4 jam, tim LAZ Zakat Sukses langsung bergegas meninggalkan ruangan Balai Kota dengan berbekal informasi dan arahan dari tim TPPS Depok. Artinya, berdasarkan hasil rapat tersebut, LAZ Zakat Sukses semakin bersemangat dalam menjalankan program RW Zero Stunting guna menjadikan Kota Depok terbebas dari stunting dan semakin unggul dalam beberapa aspek termasuk kesehatan.

Sahabat, yuk kita jadikan Kota Depok menjadi kota yang sehat, bersih, dan berkualitas. Mari bersama kita cegah dan rawat diri dan keluarga kita agar terhindar dari stunting. Cintai hidup kita dengan atur pola hidup dan makan. Jangan lupa juga ya, untuk saling mengingatkan kebaikan tentang asupan nutrisi terutama bagi sahabat zakat yang sudah memiliki anak. Insya Allah, bila sahabat zakat tekun dan konsisten menjalani pola hidup yang baik, keluarga kita akan terbebas dari angka stunting buruk, Aamiin Ya Rabb.