Zakat Sukses dan SiJelita Adakan Pembagian Bibit dan Program Warung Berkah

Dalam menghadapi pandemik virus Corona, pemerintah Kota Depok memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna meminimalisir penularan virus Corona. Namun, pemberlakuan PSBB di Kota Depok mengakibatkan penurunan angka pendapatan masyarakat di Kota Depok.  Salah satu mitra Zakat Sukses yaitu Komunitas SiJelita (Inspirasi Jelantah untuk Lingkungan Kita) mengadakan pembagian bibit sayur beserta media tanamnya kepada masyarakat. Dengan pemberian bibit sayur tersebut, diharapkan masyarakat dapat tetap memenuhi kebutuhan pangannya. Selain itu, hal tersebut dilakukan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat saat pandemik berlangsung.

Pemilahan limbah layak jual

Selain itu, Komunitas Jelita juga mengadakan program “Warung Berkah”. Program dilakukan dengan menukar limbah minyak jelantah dan limbah rumah tangga layak jual dengan paket kebutuhan dapur atau sembako. Paket tersebut berisi sayur – sayuran, beras, mie instan, dan juga bumbu dapur yang dikemas dengan kantong plastik. Selain untuk membantu masyarakat dalam meringankan beban ekonomi mereka, kedua program tersebut juga diharapkan dapat memperindah lingkungan sekitar dengan tanaman sayur yang nantinya akan ditanam masyarakat serta mengurangi sampah yang berasal dari limbah rumah tangga.

Salah satu warga yang ikut kegiatan Warung Berkah, mengambil sayuran setelah menukarkan limbah layak jualnya

Kedua program tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juni 2020 di lingkungan Perumahan Sawangan Elok, Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok – Jawa Barat. Menurut Ibu Erni, selaku perwakilan dari Komunitas SiJelita, kedua program tersebut dibuat selain bertujuan untuk membantu para terdampak pandemik COVID19 juga bertujuan untuk sarana edukasi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah agar berguna bagi dirinya sendiri. Dengan begitu, masyarakat dapat terbantu sekaligus paham akan pentingnya memilah sampah. Kegiatan ini nantinya akan rutin dilakukan selama pandemik berlangsung dan diharapkan dapat terus berjalan walau pandemik telah usai.