Zakat Sukses dan ACT Luncurkan Program “Humanity Care Line” Untuk Atasi Krisis Pangan Akibat COVID19

Saat ini, kondisi ekonomi masyarakat pada saat pandemi COVID19 mengalami penurunan. Banyak perusahaan – perusahaan yang terpaksa “merumahkan” para karyawannya. Kejadian tersebut mengakibatkan banyak masyarakat kehilangan pemasukannya dan kesulitan dalam membeli kebutuhan hidupnya, termasuk bahan pangan.

Bahan pangan, terutama beras yang menjadi kebutuhan khalayak ramai sulit didapat bagi sebagian besar masyarakat saat ini. Demi membantu mereka, LAZ Zakat Sukses dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkolaborasi luncurkan program “Humanity Care Line”. Program yang berfokus dalam penanganan krisis pangan akibat COVID19 tersebut berhasil diluncurkan pada jumpa pers launching program pada Jum’at, 15 Mei 2020 di kantor pusat LAZ Zakat Sukses.

Program “Humanity Care Line” ini merupakan layanan program berupa penyaluran pangan berupa beras kepada masyarakat yang membutuhkan lewat call center bebas pulsa yang siaga selama 24 jam melalui hotline 0800-1165-228. Beras tersebut nantinya akan dikirim melalui sistem terintegrasi dengan mitra driver online langsung ke rumah masyarakat.

Sunarto Zulkifli, selaku Direktur LAZ Zakat Sukses mengatakan bahwa di tengah pandemi COVID19 ini LAZ Zakat Sukses terus berikhtiar dalam membantu masyarakat terdampak COVID dari berbagai lini. Menurutnya, untuk mengatasi dampak pandemi ini dilakukan melalui tiga cara, yaitu Promotif, Preventif, dan Kuratif. Dengan cara tersebut, diharapkan dampak dari pandemi COVID19 dapat diminimalisir.

Beliau menambahkan, untuk mengupayakan membantu kebutuhan masyarakat terdampak diperlukan program “nafas panjang”. Karena jika satu lembaga saja yang berperan tentu akan merasa berat, untuk itulah kemudian kolaborasi ini dibentuk. LAZ Zakat Sukses terpanggil untuk mensupport program Aksi Cepat Tanggap dalam program Humanity Care Line ini agar dapat menjangkau kebutuhan masyarakat Depok yang lebih luas lagi. Kolaborasi akan saling menguatkan bukan melemahkan. “Terlebih kita belum tahu secara pasti kapan pandemi ini akan berakhir” pungkasnya.

Dalam jumpa Pers tersebut, Kepala Cabang ACT Depok, Gunawan M. Aji mengatakan bahwa setiap hari sedikitnya 500 paket beras rutin dikirim ke KODIM 0508 selaku mitra kerjasama sebagai salah satu titik penampungan untuk disalurkan khusus pada masyarakat Depok. Penyaluran beras 5kg ini perhari mampu menjangkau mulai 500 hingga 2500 keluarga terdampak.

Diharapkan, program kolaborasi ini dapat membantu para masyarakat terdampak agar dapat tetap dapat memenuhi kebutuhan pokoknya khususnya masyarakat Kota Depok. Program ini diharapkan akan berjalan selama pandemi COVID19 belum menghilang.

1 thought on “Zakat Sukses dan ACT Luncurkan Program “Humanity Care Line” Untuk Atasi Krisis Pangan Akibat COVID19

  1. Bapak/ibu ap bz saya minta bantuan ea, suami saya sudah 2buln d rumh kn.

Comments are closed.