“Wishlist Yatim”, Sarana Program Untuk Mewujudkan Keinginan kecil Mereka

Setiap anak pasti memiliki mimpi yang beragam. Ada yang ingin menjadi seorang superhero, ada yang sekedar ingin membeli mainan baru, atau bahkan ingin mencicipi makanan yang muncul pada iklan di televisi. Sebagai orang tua tentunya kita tak tega apabila anak mulai memohon dengan wajah lucunya, akhirnya orang tua pun mengalah dan memberikan keinginan si kecil agar tercipta senyum di pipinya.

Namun tidak setiap anak dapat merasakan permohonannya dikabulkan oleh orang tua. Anak yatim yang ditinggal sosok ayah tentunya harus mengubur dalam – dalam sebuah keinginannya. Tentunya hal yang sangat berat bagi seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya, karena ia harus merasakan hidup terbatas dan tanpa pengayom keluarga.

Riska contohnya, Riska merupakan siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Sejak dirinya menginjak kelas 5, dirinya sudah tidak ditemani sosok ayah. Menyandang status yatim mengakibatkan Riska kekurangan pelindung dan pengayom yang biasanya disandang oleh seorang ayah. Kini Riska hanya tinggal bersama ibu dan neneknya. Ibunya yang sekarang menjadi tulang punggung keluarga sepertinya tidak dapat memenuhi semua kebutuhan Riska lantaran hanya bekerja sebagai seorang buruh.

Tahu diri akan keadaan, Riska kecil hanya bisa menahan keinginan kecilnya apabila ada barang atau makanan yang ingin ia beli. Sebenarnya, Riska mempunyai keinginan memiliki baju muslimah dan sepatu sekolah. Baju muslimahnya yang sekarang ia punya sudah tidak indah dan mulai usang. Riska kecil juga saat ini tidak memiliki sepatu karena belum memiliki uang, sehingga memiliki sepatu rasanya seperti sebuah mimpi baginya.

Riska, kelas 5 SD

Selain itu, ada makanan yang menjadi keinginan Riska sejak lama, yang bagi sebagian orang makanan tersebut merupakan makanan yang biasa saja namun dimata Riska hal tersebut sangat spesial. Riska sangat ingin menikmati ayam goreng McD. Baginya, ayam goreng tersebut merupakan makanan enak yang tidak bisa ia nikmati setiap saat. Sehingga apabila ada kesempatan, ia ingin agar makanan tersebut masuk kedalam daftar keinginannya.

Riska merupakan sebagian contoh dari potret yatim yang kesulitan untuk menggapai keinginannya. Sebagai seorang manusia tentunya wajib bagi kita untuk membantu mereka. LAZ Zakat Sukses dengan program Wishlist Untuk Yatim. Dengan tagline “Mari Bahagiakan Yatim Dengan Wujudkan Keinginan Mereka”, kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk merasakan kebahagiaan lewat mewujudkan keinginan kecil mereka.

Mereka diberikan kebebasan untuk menulis keinginan mereka lewat media “Kertas Wishlist” apapun yang ingin mereka dapatkan. Pada program ini, LAZ Zakat Sukses memprioritaskan khusus kepada keinginan mereka tanpa campur tangan siapapun, dengan harapan bahwa keinginan tersebut murni dari hati mereka sendiri.

Program ini merupakan salah satu rangkaian program “Muharram Bahagia 1442H” yang dimana berfokus kepada pemberdayaan yatim di bulan Muharram. Selain itu, program ini bertujuan untuk memberikan kebahagiaan yatim dan memberikan wadah bagi donatur untuk berbagi kebahagiaan kepada mereka.