Zakat Sukses Gunakan Wadah Daging Khusus Untuk Kurban 1440H

Berawal dari munculnya himbauan untuk mengganti kantong plastik sebagai tempat untuk pembagian daging kurban dengan wadah yang lebih ramah lingkungan, beberapa instansi dan yayasan mulai mengembangkan langkah – langkah seragam dengan peraturan tersebut.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk penghematan energi dan upaya untuk mengurangi sampah plastik yang kini menjadi polemik bagi semua negara. Sampah plastik yang biasa digunakan sulit untuk terurai dan berpotensi tertelan oleh biota laut karena mirip dengan ubur – ubur.

Beberapa instansi menggunakan wadah alternatif sebagai pengganti dari kantong plastik tersebut. Wadah alternatif tersebut diantaranya adalah anyaman bambu, daun jati, anyaman daun pandan, daun pisang, dan wadah plastik makanan yang dapat digunakan kembali.

Ada juga yang memberi aturan terkait pengambilan daging. Mereka memberikan aturan kepada penerima daging hewan kurban untuk membawa wadah sendiri dan tidak menyediakan plastik/wadah lainnya.

LAZ Zakat Sukses sebagai salah satu instansi yang juga akan mengadakan pembagian hewan kurban juga akan membagikan daging hewan kurbannya dengan wadah yang dapat digunakan kembali/reusable. Pemakaian wadah ini adalah sebagai ikhtiar lembaga untuk menjadi lembaga yang peduli terhadap lingkungannya.

Hal ini bukanlah langkah pertama bagi LAZ Zakat Sukses dalam meminimalisir penggunaan plastik. Sejak 2019 LAZ Zakat Sukses mulai meninggalkan penggunaan wadah makanan dan minuman sekali pakai dan diganti dengan wadah makanan dan minuman yang dapat digunakan kembali.

Dengan adanya langkah – langkah tersebut dapat menjadi contoh dan teladan bagi orang lain untuk lebih peduli dengan lingkungan.