Ustad Hermansyah : Minyak Jelantah Jangan Dibuang, Manfaatnya Sangat Besar !


DEPOK, www.zakatsukses.org- Pada hari Sabtu (25/06/2021) relawan dan amil Zakat Sukses mengunjungi pusat bank sampah dan penampungan minyak jelantah yang dikelola oleh Ustad Hermansyah. Program Sedekah Minyak Jelantah ini merupakan salah satu program pemberdayaan Zakat Sukses yang bertujuan untuk memanfaatkan sisa hasil limbah rumah tangga berupa minyak jelantah untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Dalam hal ini, LAZ Zakat Sukses bekerja sama dengan Ustad Hermansyah yang sudah berpengalaman dalam hal pengelolaan minyak jelantah maupun bank sampah. Ustad Hermansyah sudah bekerja sama dengan LAZ Zakat Sukses selama 4 tahun, dimana pada kerja sama ini LAZ Zakat Sukses menyediakan total 5000 wadah sebagai tempat penyimpanan minyak jelantah.

Ustad Hermansyah mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membuang sisa minyak jelantah ke selokan atau lainnya karena dapat mencemari lingkungan. “Lebih baik sisa minyak jelantah tersebut ditukar kepada kami yaitu setiap 5 liter minyak jelantah akan kami berikan 2 minyak baru”, ujar Ustad Hermansyah.

Menurut Hermansyah, selaku perwakilan dari Bank Sampah Induk Rumah Harum dan promotor penggerak pengelola limbah minyak jelantah mengatakan, “Rata-rata per rumah, yang memiliki minimal 2 anak menghasilkan limbah minyak jelantah sebanyak 2 liter perbulannya. Dimana satu liter minyak jelantah dapat mencemari 1000 liter air bersih.”, ujar Ustad Hermansyah.

Tidak hanya aktif di Depok, Ustad Hermansyah juga kerap melakukan ekspor minyak jelantah ke beberapa negara luar negeri seperti Belanda, Malaysia, dan lainnya. Minyak jelantah tersebut dapat dimanfaatkan menjadi biodiesel, dan masih banyak lagi kegunaannya.

Selama menjadi pengelola minyak jelantah, banyak kisah menarik dan berkesan yang dialami Ustad Hermansyah. Dirinya juga kerap diundang beberapa kali ke televisi seperti Net TV, Indosiar dan terakhir TV One sebagai narasumber terkait bank sampah maupun minyak jelantah. Tidak hanya sebagai pengelola bank sampah dan minyak jelantah, dirinya juga ingin membuka perpustakaan kecil untuk anak-anak yang memiliki hobi membaca.

Dirinya berharap ketua RT atau RW setempat di Kota Depok mampu membantu mengkoordinir sisa minyak jelantah masyarakat, setelah 50 liter bisa disetor kepada kami selaku pengelola minyak jelantah.

“Tentu selama mengelola minyak jelantah tidak akan berjalan baik tanpa kehadiran Zakat Sukses. Saya mengucapkan terima kasih kepada LAZ Zakat Sukses atas bantuan wadah yang diberikan, sebagai timbal baliknya kami berinfak kepada LAZ Zakat Sukses dengan memberikan Rp 800 setiap 1 liter minyak jelantah. Semoga LAZ Zakat Sukses jaya selalu dan tetap selalu mengayomi masyarakat dhuafa dan aktif pada kegiatan sosial lainnya”, ujar Ustad Hermansyah.

Begitulah cerita singkat dari ustad Hermansyah, Bagaimana? Tertarik bukan untuk memanfaatkan sisa minyak jelantah? Yuk teman-teman mulai saat ini kita jaga lingkungan dan bersama memanfaatkan minyak jelantah dengan menukarnya ke bank sampah. Semoga Allah SWT memanjangkan umur ustad Hermansyah dan kita semua, Aamin….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *