Upgrading Relawan: Membungkus Sinergi Lewat Energi Berbagi

Syawal telah tiba dan menandakan mulainya libur panjang lebaran. Di suasana bulan Syawal tentunya sarat akan kegiatan bersilaturahmi. Masyarakat berbondong – bondong pulang dari rantauan untuk bertemu sanak famili yang ada di kampung halamannya masing – masing. Dari yang sekedar bertemu kawan lama, hingga bersua dengan keluarga yang sudah lama tidak bertemu. Semuanya berhimpun dalam naungan yang sama, yaitu berharap maaf dan menyambung tali silaturahim.

Suasana silaturahim tersebut terus berlanjut hingga waktu libur telah usai. Dimana saat libur panjang lebaran disibukkan dengan bersilaturahmi kepada saudara di kampung halaman, maka saat kegiatan seperti biasa dan sekolah serta perusahaan mulai aktif kembali akan diawali dengan kegiatan halal bihalal kepada setiap civitas. Suasana tersebut lumrah terjadi di awal – awal masuk kerja dan sekolah sebagai pertanda untuk memasuki aktifitas rutin kembali.

Berkaitan dengan hal tersebut, LAZ Zakat Sukses juga mengadakan silaturahmi selepas libur Syawal. Silaturahmi tersebut merupakan agenda tahunan yang biasa dilakukan oleh LAZ Zakat Sukses kepada para relawan gerai dan program Ramadhan. Dimana agenda tersebut bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan mengobati rasa kangen setelah terjeda tidak bertemu selama liburan sebelumnya.

Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 19 – 20 Juni 2019 yang bertempat di Villa Hijau, Cisarua, Kabupaten Bogor. Bertemakan “ Kembali bersinergi dalam Berbagi ”, LAZ Zakat Sukses mengemas acara silaturahmi lewat kegiatan – kegiatan yang positif. Kegiatan yang berdurasi selama dua hari tersebut diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari amil LAZ Zakat Sukses dan para relawan Ramadhan Berdaya 1440H.

Sharing Session tentang zakat, games interaktif, dan kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan skill menjadi agenda silaturahmi tersebut. Bekerja sama dengan ABABIL Event Organizer, membuat acara semakin menarik dan terarah secara teratur. Pak Kukuh, Pak Asep, dan Ibu Amel yang merupakan tim ABABIL Event Organizer  mengajarkan peserta mengenai kepemimpinan dan kerjasama tim lewat hal yang tidak biasa, yaitu dengan games interaktif. Peserta sangat antusias dan fokus pada saat games interaktif, karena apabila tertangkap tidak dapat berkonsentrasi, maka akan terkena hukuman berupa siraman dari Pak Kukuh.

Pada malamnya peserta diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan keahlian. Peserta dibolehkan untuk berbagi pengetahuannya

Acara ditutup ba’da Dzuhur pukul 13.00 WIB pada tanggal 20 Juni 2019. Para peserta meninggalkan lokasi villa sambil bersama – sama membereskan barang – barang serta villa seperti semula agar rapi kembali. Dengan berfoto bersama, peserta mengakhiri agenda upgrading relawan selama dua hari tersebut.