pemberdayaan

Tebarkan Kebaikan di Bulan Oktober, LAZ Zakat Sukses Utamakan Kesejahteraan Kaum Dhuafa


Sebagai salah satu lembaga zakat yang bergerak di tingkat Kota, LAZ Zakat Sukses pastinya memiliki beberapa pilar program dalam menjalankan tugas. Tercatat, LAZ Zakat Sukses memiliki lima pilar utama yang bertujuan untuk membantu mensejahterakan kaum dhuafa. Kelima pilar tersebut adalah sosial kemanusiaan, dakwah, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan. Pada pilar tersebut terdapat beberapa program penyaluran yang berkaitan erat dengan SDGs (Sustainable Development Goals) global.

Penerapan SDGs dalam program LAZ Zakat Sukses merupakan hal yang selaras mengingat keduanya memiliki tujuan yang sama yakni memberantas kemiskinan, dan mengurangi angka kelaparan. Selain itu, keduanya memiliki kesamaan lain yakni meningkatkan angka pendidikan, memberdayakan masyarakat untuk memperbaiki kehidupan yang lebih sejahtera, dan mendapatkan gizi yang baik. Hal ini berusaha diupayakan oleh LAZ Zakat Sukses selama beberapa bulan terakhir di tahun 2021, terutama di bulan Oktober yang baru saja berakhir.

Selama bulan Oktober 2021, LAZ Zakat Sukses telah menyalurkan kepada 1.747 penerima manfaat, dengan rincian 54 lembaga dan 1.693 personal. Data tersebut mengalami kenaikan yang pesat dari satu bulan sebelumnya yakni 323 kepada penerima manfaat dengan rincian 38 lembaga, dan 285 personal. Hal ini merupakan sebuah langkah yang maju dalam menebarkan manfaat kepada kaum dhuafa yang membutuhkan demi mencukupi kebutuhan dasar.

Pada pilar sosial kemanusiaan, di bulan Oktober LAZ Zakat Sukses telah menyelenggarakan berbagai program sosial. Tercatat pada pilar ini, sebanyak 54 penerima manfaat yang terdiri dari 9 lembaga dan 45 personal. Salah satu yang utama adalah program “Aksi Tanggap Bencana”. Yakni suatu program sebagai bentuk kepedulian LAZ Zakat Sukses kepada masyarakat yang terdampak bencana alam seperti tanah longsor, kebakaran, puting beliung, dan lainnya. Bantuan diberikan dalam bentuk santunan kepada korban terdampak. Selaras dengan tujuan SDGs, program Aksi Tanggap Bencana yang dijalankan LAZ Zakat Sukses merupakan hal yang tepat mengingat masyarakat memiliki hak untuk memiliki kehidupan yang layak, nyaman, dan bersih.

Aspek pilar lain yang tak kalah penting adalah pendidikan. Salah satu programnya adalah Bantuan Pendidikan Dhuafa. Yakni sebuah program yang diberikan LAZ Zakat Sukses kepada siswa maupun siswi yang memiliki masalah financial atau keterbatasan ekonomi namun berkeinginan untuk mengikuti Pendidikan sekolah hingga sukses. Bentuk bantuan ini yaitu berupa uang tunai untuk membeli kebutuhan yang diperlukan, seperti membeli Lembar Kerja Siswa (LKS), uang semesteran, peralatan tulis, dan lainnya. Total, sebanyak 10 penerima manfaat pada pilar pendidikan telah tersalurkan termasuk di dalamnya terdapat program Bantuan Pendidikan Dhuafa.

Selain program Bantuan Pendidikan Dhuafa, pada bulan Oktober juga telah terlaksana program Beasiswa Sukses. Salah seorang penerima manfaat pada program Beasiswa Sukses, Muhamad Fikrih Nugroho, mengaku sangat terbantu dengan adanya program bantuan beasiswa tersebut. Ia mengaku senang dan mengucapkan Terima kasih atas bantuan yang telah diberikan untuk biaya semesteran pendidikan dirinya.

Selain itu, LAZ Zakat Sukses juga memiliki sekolah swasta yang bernama SMA Terbuka Negeri 5 Depok, dimana sekolah tersebut memberikan beasiswa full kepada siswa-siswinya tanpa dipungut biaya SPP sehingga dapat membantu kaum dhuafa yang hendak menimba ilmu dan mengejar cita-cita.

Sejalan dengan salah satu tujuan SDGs, yaitu setiap orang berhak mendapatkan pengajaran atau Pendidikan yang layak, sehingga program yang diselenggarakan oleh LAZ Zakat Sukses merupakan sebuah langkah yang tepat guna membantu mewujudkan impian mereka dalam meraih cita-cita. Pada pilar program pendidikan, tercatat terdapat penerima manfaat sebanyak 10 selama bulan Oktober berlangsung.

Tak hanya bergerak pada pilar sosial kemanusiaan dan pendidikan, LAZ Zakat Sukses juga memiliki berbagai program penting pada aspek kesehatan. Sepanjang bulan Oktober, LAZ Zakat Sukses telah membantu 178 penerima manfaat dengan rincian 4 lembaga dan 174 personal. Program terkenal dan sangat aktif selama bulan Oktober pada pilar ini yaitu Layanan Ambulance Gratis. Pada program Layanan Ambulance Gratis, LAZ Zakat Sukses menerima antar jemput pasien sakit untuk berobat secara gratis tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Program Layanan Ambulance Gratis juga telah membantu pemerintah dalam memberikan fasilitas pelayanan kesehatan secara optimal. Tak hanya itu, program ini juga selaras dengan SDGs dalam mewujudkan salah satu tujuan yakni setiap masyarakat berhak mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak. Layanan Ambulance yang dimiliki LAZ Zakat Sukses juga telah membantu berbagai macam masalah kesehatan seperti kecelakaan, sakit, cacat, dan masih banyak lainnya.

Salah satu penerima manfaat yang pernah merasakan layanan Ambulance gratis adalah Aqilla. Ia merupakan seorang anak usia 7 tahun yang memiliki penyakit cerebral palsy, sehingga pertumbuhan dirinya berbeda dengan anak seusianya. Dirinya rutin menjalani terapi bicara dan terapi jalan di rumah sakit Fatmawati. Jauhnya jarak antara rumah sakit dan rumahnya membuat dirinya khawatir karena mahalnya ongkos perjalanan. Beruntung, dirinya menggunakan layanan Ambance Gratis, program kesehatan LAZ Zakat Sukses. Dengan menggunakan layanan tersebut, ia mengungkapkan sangat terbantu dalam melakukan terapi anaknya.

Selanjutnya pilar aspek yang dimiliki LAZ Zakat Sukses yakni pemberdayaan. Sebanyak 18 penerima manfaat telah menerima bantuan dari program ini hanya pada bulan Oktober 2021. Dari 18 penerima manfaat, sebanyak 10 orang telah mendapatkan bantuan yang tersalurkan dan 1 lembaga lainnya. Sementara 7 penerima manfaat lainnya masih tahap verifikasi. Pada pilar pemberdayaan, program yang sering berjalan selama bulan Oktober adalah Permodalan Usaha.

Program Permodalan Usaha merupakan bantuan yang diberikan oleh LAZ Zakat Sukses kepada penerima manfaat yang memiliki niat untuk membuka usaha namun terhambat karena keterbatasan ekonomi. Peran LAZ Zakat Sukses dalam hal ini adalah memberdayakan masyarakat dengan memberikan modal dana usaha hingga usaha tersebut dapat berkembang. Tujuan diadakan program Permodalan Usaha adalah membantu memperbaiki kesejahteraan seseorang dengan membuka usaha sehingga mereka tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini selaras dengan salah satu tujuan SDGs yakni mengurangi angka kemiskinan dan kelaparan.

Terakhir pilar yang dimiliki oleh LAZ Zakat Sukses yaitu dakwah. Pada pilar dakwah, LAZ Zakat Sukses telah melaksanakan salah satu program unggulan, yaitu Peduli Guru Ngaji. Program ini berjalan dengan tujuan membantu para guru ngaji atas hak untuk memiliki hidup lebih baik. LAZ Zakat Sukses menilai guru ngaji layak mendapatkannya karena telah mengajarkan kepada muridnya mengenai ajaran Islam. Selain berbagi pengetahuan dan mengajarkan membaca Al-Qur’an, guru ngaji juga menjadi potensi besar di tengah masyarakat dalam mengajarkan kebaikan dan islam.

Tercatat selama bulan Oktober, terdapat 1.521 penerima manfaat dengan rincian 1.505 personal dan 40 lembaga dalam pilar dakwah yang salah satu didalamnya terdapat program Peduli Guru Ngaji. Salah satu penerima manfaat program Peduli Guru Ngaji, Ibu Siti Atisah, mengucapkan rasa syukur dan Terima kasih kepada LAZ Zakat Sukses baik tim maupun para donatur, semoga para guru ngaji mendapatkan haknya dan semakin kuat dalam menebarkan agama Islam di tengah masyarakat.

Sahabat, Alhamdulillah LAZ Zakat Sukses telah melakukan berbagai penyaluran dalam lima pilar selama bulan Oktober. Terhitung, total penyaluran yang telah dilakukan sebanyak 1.781 baik kepada lembaga maupun personal masyarakat. Total, pengeluaran yang telah dilakukan LAZ Zakat Sukses dari kelima pilar tersebut yaitu Rp 689.157.082 selama bulan Oktober dengan rincian Rp 399.739.582 untuk pilar dakwah, Rp 10.307.000 untuk kesehatan, Rp 4.000.000 untuk pemberdayaan, Rp 30.005.000 untuk pendidikan, dan Rp 245.105.500 untuk sosial kemanusiaan.

Angka tersebut naik dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya, yaitu September dengan total Rp 663.909.500. Angka tersebut menunjukkan betapa transparannya LAZ Zakat Sukses dalam melaporkan audit keuangan termasuk penyaluran program. Semoga LAZ Zakat Sukses dapat terus berkontribusi dan menebarkan kebaikan untuk masyarakat Depok, Aamin Ya Allah Ya Rabbal Alamin…