Sumber Api Karhutla Itu Berjarak 5 Meter Dari Rumah Warga

Pekanbaru Riau, Selasa 08 Oktober 2019, tim Zakat Sukses berkesempatan mengunjungi salah satu lahan yang terbakar dan menjadi sumber api.

Lahan tersebut berada di lokasi Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Pekanbaru Riau. Lahan yang terbakar seluas 4 hektar ini berjarak 5 meter dari rumah warga.

Ketua Posko Yayasan Lancang Kuning Indonesia (YLKI), Bapak Hariswan mengatakan bahwa lahan yang menjadi sumber api ini berjarak 5 meter dari rumah warga, sehingga dampak asap sangat terasa sekali bagi warga sekitar lahan.

Selain itu, Hariswan juga mengatakan bahwa saat ini meskipun kondisi sudah kembali normal, namun kabut asap di beberapa titik masih terlihat dan dirasakan sebagian masyarakat salah satunya kebakaran yang terjadi di lahan yang terletak di Jalan Pemuda Ujung, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru. Setidaknya 40 hektar semak belukar dan tanaman sawit ludes akibat kebakaran lahan.

Melihat kondisi tersebut Tim Zakat Sukses, Bapak Asep Permana Saputra Sukses mengajak kepada pelajar dan masyarakat di kota Depok, agar menjadikan peristiwa ini sebagai pelajaran betapa pentingnya menjaga lingkungan, menjaga hutan.

Hal itu dapat di mulai dari hal yang terkecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik, tidak merusak tanaman, pohon dan hal kecil lainnya yang dapat menjaga alam.

Redaktur:
Bani Ahmad Djaelani
Melaporkan langsung dari Rimbo Panjang, Pekanbaru Riau