Sosialisasi Filantropi dan Galang Dana Peduli Dunia Islam di SD Islam Ramah Anak

Kepedulian terhadap sesama merupakan hal penting yang harus diberikan kepada anak – anak. Kepedulian tersebut dapat mendorong anak untuk peka terhadap setiap peristiwa yang terjadi kepada seseorang. Dengan terbangunnya rasa peduli terhadap sesama menimbulkan tingginya rasa empati dan simpati dalam diri anak tersebut. Rasa cinta dan peduli tersebut disebut dengan filantrofi. Filantrofi adalah tindakan seseorang yang mencintai sesama manusia serta nilai kemanusiaan, sehingga menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain.

LAZ Zakat Sukses merupakan satu dari beberapa lembaga filantrofi yang ada di Indonesia dengan ZISWAF sebagai instrumennya. Pada Jum’at, 05 April 2019 LAZ Zakat Sukses berkesempatan bekerja sama dengan SD Islam Ramah Anak mengadakan sosialisasi filantrofi dan penggalangan dana untuk dunia Islam pada acara Isra Mi’raj di SD Islam Ramah Anak. Peserta pada acara tersebut merupakan siswa – siswi kelas 1 sampai 6 SD Islam Ramah Anak. Kegiatan sosialisasi filantrofi tersebut dikemas lewat dongeng Islami yang ringan sehingga anak – anak mudah memahaminya.

Dongeng yang bertema tentang bahagianya berbagi ke sesama sukses membuat anak – anak SD Islam Ramah Anak terdorong untuk semakin peduli kepada sesama. Ketika peserta mendengar cerita kondisi anak – anak muslim bernasib kurang beruntung yang berada di dalam zona perang seperti yang terjadi di Palestina saat ini, mereka langsung menunjukkan rasa empati kepada anak – anak di Palestina tersebut.

Karena peserta merupakan anak – anak, LAZ Zakat Sukses memberikan solusi kepada anak – anak yang ingin membantu sesamanya lewat program kencleng. Program kencleng merupakan program LAZ Zakat Sukses yang memanfaatkan media celengan/kencleng untuk berbagi kepada sesama. Peserta diberikan celengan kosong, dan nantinya akan diisi oleh peserta sampai penuh seperti halnya menabung pada umumnya. Setelah penuh nanti LAZ Zakat Sukses akan menjemput celengan tersebut dan hasilnya akan didistribusikan kepada pihak yang membutuhkan. Hal tersebut sangat membantu peserta untuk berkontribusi besar namun tanpa merasa terbebani.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 tersebut berakhir pada pukul 11.30 WIB. Akhir kegiatan acara tersebut menghasilkan donasi sebesar Rp. 8.954.700 rupiah. Dana tersebut nantinya akan dialokasikan kepada program – program LAZ Zakat Sukses yang telah berjalan. Hasil donasi tersebut membuktikan bahwa hal kecil apabila dikuatkan dengan niat yang baik dan tulus akan menghasilkan kebaikan yang sangat besar dan berarti.