SMATER

SMATer Zakat Sukses Tingkatkan Skills Desain dan Microsoft Word


Pengetahuan dan keterampilan para siswa-siswi merupakan hal utama dalam melakukan pembelajaran di sekolah. Rasanya belum lengkap bila sekolah hanya melakukan pembelajaran terfokus dengan teori tanpa diiringi dengan keterampilan praktek. Pada kesempatan ini, SMATer tidak ingin tertinggal dengan sekolah lain pada umumnya.

Pada tanggal 13 September 2021, SMA Terbuka (SMATer) Depok selenggarakan latihan skills desain dan word secara offline di Kantor Pusat Zakat Sukses. Kegiatan latihan bersama ini dilakukan dengan tujuan agar para siswa-siswi pasca lulus sekolah mampu bersaing dan unggul dalam hal desain dan penggunaan microsoft word. Belajar desain dan word ini penting dilakukan seiring berjalannya zaman dan persaingan dunia kerja yang semakin sulit.

Melalui latihan ini, para siswa SMATer diharapkan mampu memahami dan menambah skills dan pengetahuan dalam mendesain maupun penggunaan word. Sebelum diadakan pertemuan, mereka diberikan materi bagaimana mengolah penulisan surat pada Microsoft Office Word. Mereka diberikan pemahaman terkait bagaimana mengolah kop surat, menambahkan elemen garis, gambar, maupun kolom agar sesuai dengan kaidah penulisan surat. Setelah dilakukan pelatihan, siswa-siswi SMATer Zakat Sukses diberikan tes untuk mengecek sejauh mana mereka memahami materi yang diberikan.

Sebanyak 12 siswa/i diberikan lembar soal yang terdiri dari materi pertemuan sebelumnya. Mereka merasa senang dan antusias dengan tes yang diberikan. Hampir seluruh murid nampak serius dalam mengisi soal tes yang diberikan. Dengan adanya tes ini, mereka merasa “diingatkan” kembali dengan materi yang diberikan sehingga membuat mereka lebih mahir dalam mengoperasikan software, khususnya Microsoft office.

Semoga kelak siswa-siswi SMATer dapat menjadi generasi penerus bangsa dengan berbagai karya keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki. Bung Karno pernah mengatakan “Berikan saya 10 pemuda maka saya akan mengguncangkan dunia”. Mari kita kobarkan semangat belajar sebagaimana seperti semangat Bung Karno memerdekakan Negara Republik Indonesia.