Sinergi Dunia, LAZ Zakat Sukses Hadir dalam World Zakat Forum 2019

Perhelatan akbar World Zakat Forum (WZF) 2019 resmi dilaksanakan di Indonesia. Pertemuan yang melibatkan para pengelola dan aktivis zakat di seluruh dunia itu mengambil Kota Bandung, Indonesia sebagai tempat untuk bertemu. Pertemuan itu dihadiri oleh 30 negara dan kurang lebih 300 tokoh pengelola lembaga zakat di Indonesia.

LAZ Zakat Sukses, selaku perwakilan lembaga zakat di Indonesia turut hadir untuk berpartisipasi dalam menghadapi isu global terkait dunia zakat. Pertemuan Internasional itu berlangsung tanggal 5 sampai 7 November 2019 di Crowne Plaza Hotel, Bandung, Jawa Barat. Tema yang diangkat kali ini adalah “Optimizing Global Zakat Role Through Digital Technology”.

Sunarto Zulkifli, Direktur LAZ Zakat Sukses (berbaju putih) duduk bersama para keynote speech dari luar negeri

Dilansir dari merdeka.com, potensi zakat Indonesia tergolong besar, yakni dapat mencapai Rp.230 triliun. Namun, zakat yang bisa dikelola baru Rp.8 triliun atau 3,5 persen dari potensi yang ada. Sekretaris Jenderal WZF Bambang Sudibyo mengatakan, forum internasional WZF tersebut tahun ini mengangkat tema Optimalisasi Peran Zakat Global lewat Teknologi Digital. Tema itu diangkat guna pengoptimal zakat dengan menggunakan teknologi. “Tantangannya adalah bagaimana dengan kemajuan teknologi ini bisa lebih meningkatkan percepatan pelayanan bagi para pengelola zakat,” ucapnya.

Sunarto Zulkifli, selaku Direktur Utama LAZ Zakat Sukses mengatakan bahwa pertemuan lembaga zakat tingkat Internasional ini sangat dibutuhkan agar dapat meningkatkan kualitas pengelolaan zakat. Dengan ditambah perwakilan dari luar negeri, para pengelola zakat dapat saling memberikan ide dan cara pengelolaan zakat sesuai ciri khas negaranya masing masing.