Semangat Hijrah Bersama Zakat Sukses dan Anak Jalanan Margonda

Ditemani cahaya yang sedikit redup, lantunan zikir dan doa terdengar cukup kencang dan tegas berasal dari musholla kecil dekat terminal Depok pada Jumat, 6 September 2019. Didalam musholla kecil itu, berkumpul anak – anak beragam usia. Ada yang kisaran 5-7 tahun, ada juga yang sudah menginjak masa remaja. Penampilan mereka tidak seperti anak – anak pengajian pada umumnya. Ada yang bertindik, bertato, dan berambut pirang. Mereka adalah para anak – anak jalanan yang mencoba hijrah menjadi seorang muslim yang lebih baik lagi.

Dibimbing oleh sebuah komunitas bernama Laskar Berani Hijrah (LEBAH), mereka dibimbing dengan kajian – kajian rutin mengenai tauhid keIslaman. Ustadz Wirawan Yugiarsono, S.Pd.Kons. atau akrab dipanggil Ustadz Wawan adalah founder dan orang dibalik hijrahnya para anak jalanan ini. Ditangan beliau dan bantuan dari relawan – relawan, anak jalanan yang dulunya hanya mengamen dan tak kenal ibadah, kini mereka berubah menjadi pribadi baik layaknya seorang muslim pada umumnya.

anak jalanan sedang makan bersama setelah mengikuti dongeng

“Kegiatan – kegiatan LEBAH ini adalah pemberdayaan dan pembinaan untuk anak – anak kalangan marjinal, pengamen, pengasong, dan lainnya. Mereka disini berkumpul untuk mengadakan pengajian setiap malam sabtu setiap bulannya. Saat ini jumlahnya berkisar 150 anak. Kajian ini bertujuan untuk mematangkan ruhiah mereka dan mengajak mereka untuk lebih dekat kepada Allah. Selain pengajian, komunitas LEBAH ini juga menyediakan rumah siap kerja, yang dimana mereka dilatih berbagai keterampilan salah satunya adalah service handphone, service AC, bengkel, dan untuk wanita diberikan keahlian untuk bekerja di salon dan lain sebagainya.” Tuturnya.

Dongeng anak yang dipimpin oleh kak Dini Sweet selaku pendongeng

Ustadz Wawan menambahkan, “Fasilitas hapus tato gratis juga diberikan untuk melengkapi hijrahnya. Persyaratan untuk hapus tato pun hanya berupa setor hafalan surat Ar Rahman. Bagi yang hafal surat Ar-Rahman juga diberikan hadiah berupa handphone, sepeda, alat musik, itu semua karena Allah. Jadi komunitas ini dibuat untuk mengajak anak anak hijrah dan lebih baik dan mengubah paradigma masyarakat memandang anak marjinal bahwa mereka juga manusia seperti kita.”

Kali ini, kajian rutin ditemani dongeng dan makan bersama. Bersama LAZ Zakat Sukses, komunitas LEBAH bersinergi lebih baik lagi dalam memajukan dan memakmurkan mereka. Ustadz Agus selaku perwakilan dan pembina LAZ Zakat Sukses mengaku senang bisa ikut berkontribusi dalam memajukan anak jalanan di daerah Margonda, Depok.

“Alhamdulillah walaupun kecil peran kami dalam membantu dan memakmurkan keadaan dan kondisi anak – anak jalanan khususnya di Kota Depok ini dengan siraman rohani, dengan siraman kasih sayang, mudah – mudahan mereka menjadi orang yang hijrah dan menjadi orang yang soleh atas usaha dari tim Zakat Sukses dan support para donatur semoga menjadi amal yariyah yang akan membantu kita di hari akhir. ” Tuturnya.

Beliau menambahkan, “Malam ini sangat seru, sangat menggembirakan dan penuh dengan keakraban. Semoga kebaikan para donatur dapat diganti semua amal kebaikan dari semuanya dan semoga dapat berkumpul di surganya Allah Subhanahu wata’ala.”

Acara ditutup dengan makan bersama dan sesi foto. Tampak raut muka ceria mereka setelah mengikuti kajian dan dongeng serta makan bersama tadi. Mereka berharap semoga lebih baik dan terus beristiqomah dalam kebaikan.