Sehat bersama LAZ Zakat Sukses

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semboyan tersebut telah lama menghiasi tema-tema yang berbau dengan olahraga ataupun kampanye hidup sehat. Dengan melakukan hidup sehat, seseorang akan terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat membuat tubuh menjadi rusak. Pola hidup yang sehat akan melahirkan sebuah pikiran yang sehat dan akal yang bagus.

Untuk mewujudkan hidup sehat, Posyandu Kurma bersama LAZ Zakat Sukses mengadakan acara layanan kesehatan (Yankes) dilokasi Mampang Indah 2, Kota Depok. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian acara tarhib Ramadhan. Acara yang diadakan pada tanggal 1 Mei itu dimulai pada pagi hari, pukul 08.00 WIB. Selain layanan kesehatan, Posyandu Kurma juga mengadakan bazaar pakaian bekas layak pakai, makanan dan minuman ringan, hingga sembako murah.

Layanan kesehatan ini terbagi menjadi menjadi beberapa jenis, yaitu cek kolesterol, tensi darah, cek asam urat, dan cek gula darah. Namun kuota hanya dibatasi satu orang hanya boleh mengecek salah satu dari layanan tersebut selain tensi darah karena panitia hanya membatasi 50 porsi per cek kesehatan tersebut.

Dari tiga cek kesehatan tersebut, yang paling banyak diminati adalah asam urat. Kebanyakan peserta mengeluh merasa kebas dan kaku dibagian tangan, dan merasa sakit pada punggung dan leher. Karena beberapa gejala tersebut merupakan tanda tingginya asam urat, maka mereka kebanyakan memilih untuk mengecek kadar asam urat mereka.

Acara diakhiri pada jam 11 siang. Total ada sekitar 60 peserta yang mengikuti layanan cek kesehatan tersebut. Tanggapan positif peserta yang mengikuti acara layanan kesehatan berdatangan kepada panitia dan LAZ Zakat Sukses. Mereka berharap bahwa program ini dapat terus rutin dilaksanakan.