Sedekah Minyak Jelantah

Selasa, 10 April 2018 Andhika salah seorang staff program dari LAZ Zakat Sukses mengunjungi tempat penggolahan pembuatan sabun cuci menggunakan limbah minyak jelantah dan air AC yang bertempat di RW 15 Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong Kota Depok.

Sabun yang di beri label J-Soap ini awalnya adalah sebuah ide dari Ibu Yati yang ingin mengikuti lomba kreatifitas pembuatan atau mendaur ulang dari limbah yang berbahaya  disulap menjadi bahan yang bermanfaat. Akhirnya Ibu Yati pun membuat sabun cuci menggunakan minyak jelantah dan air AC.

Dari manakah minyak jelantah beliau daptkan? Bapak Herman adalah yang mencari atau menampung minyak jelantah tersebut dengan gerakan “Sedekah Minyak Jelantah” Bapak Herman adalah salah seorang yang bergerak dalam pengelolaan sampah yang memiliki bank sampah di kota Depok. Kolaborasi antara Bapak Herman dan Ibu Yati ini menghasilkan produk berupa sabun cuci yang diberi label J-Soap.

dalam pembuatan sabun cuci J-Soap bahan dan alat yang digunakan antara lain adalah:

Bahan :

  1. Air Ac
  2. Minyak Jelantah
  3. Soda Api Yang Sudah Dikristalkan
  4. Pewangi
  5. Pewarna
  6. Kulit Pisang

Alat :

  1. Masker
  2. Sarung Tangan Plastik
  3. Mangkuk 2 Buah
  4. Alat Pengaduk
  5. Cetakan Untuk Mencetak Sabun
  6. Alat Penyaring Berupa Busa

Cara Pembuatannya, pertama tuangkan Air AC ke dalam mangkuk sebanyak 500 Ml campurkan dengan soda api yang sudah dikristalkan aduk beberapa menit hingga soda api menyatu dengan air AC. kemudian tuangkan minyak jelantah 1/2 Liter ke dalam mangkuk yang sebelumnya minyak tersebut sudah dicampur dengan kulit pisang.

kulit pisang ini berfungsi untuk menjernihkan minyak jelantah. setelah minyak dituangkan lalu campurkan soda api dan air ac yang tadi ke dalam mangkuk yang berisi minyak jelantah menggunakan alat penyaring, aduk hingga mengental. lalu jika sudah mengental tambahkan bahan pewangi dan pewarna kedalam mangkuk tersebut yang berisi minyak jelantah, soda api dan air ac.

Aduk lagi hingga bahan-bahan tersebut betul-betul merata. setelah merata maka tuangkanlah ke dalam cetakan, tunggu hingga membeku selama satu malam. ketika sudah membeku jangan langsung digunakan, baru bisa digunakan setelah satu bulan.

begitulah cara membuat sabun cuci menggunakan limbah minyak jelantah, semoga harapan kedepannya LAZ Zakat Sukses terus bisa bersinergi dengan masyarakat untuk mengembangkan program-program yang bertujuan memberdayakan masyarakat sehingga melahirkan masyarakat yang kreatif, berjiwa pengusaha, dan mandiri.

TRANSFER DONASI :

Bank Syariah Mandiri : 703 9797 498
Bank Mega Syariah : 100 0136 126
Bank DKI Syariah : 705 091 111
BRI Syariah : 100 5856 333
BNI Syariah : 828 111 1111

KONFIRMASI TRANSFER 0822 11627700

AN. YAYASAN ZAKAT SUKES

@zakatsukses

#SahabatZakatMenebarManfaat #ZakatSukses #RamadhanBerseri #BekerjaBersamaUntukGerakanZakatIndonesia

Head Office :
Jl. KH. M. Yusuf Raya No. 95
Kel. Mekarjaya, Kec. Sukmajaya-Depok
Telp. (021) 771 0964, WA Center 082211627700