Rayakan Idul Adha Lewat Qurban Bahagia

Alhamdulillah, tahun ini umat muslim kembali merasakan nikmatnya merayakan hari raya Idul Adha. Walaupun di tahun 2020 ini dunia sedang dilanda pandemi COVID19, namun semangat umat muslim dalam merayakannya tidaklah surut. Masyarakat masih banyak yang menunaikan kurbannya walau harus mengikuti standar protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah.

LAZ Zakat Sukses yang menjadi salah satu lembaga pengelola kurban juga menyemarakkan hari raya Idul Adha lewat programnya yang bernama Qurban Bahagia 1441H. Program ini merupakan sebuah layanan penyedia kurban yang melayani pembelian, pemotongan, dan pendistribusian hewan kurban kepada masyarakat baik melalui offline maupun online. Dalam program ini, sebanyak 85 hewan kurban disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Qurban Bahagia mengambil beberapa daerah pelosok dan luar negeri sebagai destinasi penyaluran. Sebut saja pelosok Banten, pelosok Nusa Tenggara Barat, dan juga negara Palestina yang menjadi salah satu tempat pendistribusian daging hewan kurban tersebut. Dengan begitu, kebahagiaan berkurban dan merayakan hari raya dapat tersebar kepada seluruh umat muslim.

Di kantor pusat LAZ Zakat Sukses sendiri yang berada di Kota Depok juga menjadi lokasi pemotongan dan pendistribusian hewan kurban. Proses pemotongan dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2020. Sebanyak 5 sapi dan 11 kambing dipotong dan didistribusikan pada hari tasyrik, yaitu hari setelah Idul Adha 1441H.

Proses pemotongan dilakukan dengan memenuhi persyaratan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan juga menggunakan masker. Selain itu, proses pendistribusian dilakukan dengan metode berbeda dari tahun sebelumnya, yakni dengan mengirimkan daging kurban langsung ke rumah para penerima manfaat. Dengan metode ini diharapkan dapat mengurangi kerumunan dan mencegah penyebaran rantai penularan COVID19.

makanan kurban siap santap yang dibagikan kepada salah satu pekerja informal

Hewan kurban yang disalurkan selain dalam bentuk daging segar, juga disebar dalam bentuk makanan siap santap. Daging kurban dimasak dan dikemas dengan wadah makan yang dapat digunakan kembali lengkap dengan nasi, sayur, dan buah. Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat langsung merasakan nikmatnya menyantap daging tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu.