Ramadhan Berdaya 1440H: Zakat Sukses salurkan 10 Ton beras

Di penghujung Ramadhan, masyarakat muslim yang juga sedang menjalankan ibadah puasa juga mulai disibukkan oleh kewajiban lainnya. Kewajiban tersebut adalah menunaikan zakat. Zakat yang dimaksud adalah zakat fitrah yang dimana menunaikannya adalah wajib bagi setiap muslim yang memiliki jiwa.

Berbeda dengan jenis zakat lainnya yang memiliki kadar dan batas kepemilikan, zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap umat muslim. Zakat fitrah dikeluarkan umat muslim hanya pada saat bulan Ramadhan. Zakat fitrah ditunaikan melalui bahan pokok masyarakat yang berlaku. Zakat fitrah dapat dilakukan menggunakan beras ataupun kurma bagi umat muslim yang berada di belahan bumi bagian Timur Tengah. Di Indonesia, zakat fitrah dilakukan dengan menggunakan beras sebagai alat untuk menunaikan zakat fitrah.

Di tahun ini, Zakat Sukses melayani penerimaan zakat fitrah dan menyalurkannya kepada pihak yang membutuhkan yang tersebar di daerah Kota Depok. Menurut M. Rizki Akbar selaku Manager Program Zakat Sukses, jumlah distribusi zakat fitrah yang akan disalurkan oleh Zakat Sukses pada tahun 2019 ini mencapai 10 ton atau 10000 kilogram beras. Beras tersebut didapat dari para petani langsung yang merupakan mitra kerjasama Zakat Sukses yang berada di Cianjur, Jawa Barat.

Pengiriman beras dilakukan menggunakan truk besar dari Cianjur menuju kantor pusat Zakat Sukses, dan disebarkan secara merata lewat bantuan channel – channel Zakat Sukses yang berada di tiap kecamatan di Kota Depok. Channel tersebut antara lain adalah Channel Cilodong, Tapos, Sukmajaya, AA, AISI, FORBINA, OLP, Pancoran Mas, Sawangan, Bojongsari, Cinere, Cimanggis, NF, dan lain sebagainya.

Dengan pendistribusian cara tersebut diharapkan pembagian zakat fitrah dapat diterima oleh para mustahik yang berhak menerima zakat fitrah tersebut. sehingga dapat diharapkan dengan pemerataan tersebut akan menghasilkan masyarakat yang berdaya. Apabila masyarakat sudah berdaya, tentunya masyarakat akan lebih peduli kepada sesama yang dimana sesuai dengan isi visi LAZ Zakat Sukses yang berusaha untuk menerapkan lingkungan masyarakat yang berdaya dan peduli.