Qurban Siap Santap, Inovasi Nikmati Kurban Tanpa ‘Ribet’

Hari raya Idul Adha 1441 H telah tiba. Hari yang identik dengan haji dan kurban tersebut menjadi hari yang dinanti oleh seluruh umat islam. Selain itu, di hari tersebut biasanya hampir seluruh umat muslim dapat merasakan nikmatnya menyantap daging.

Daging hewan kurban yang dibagikan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan. Pasalnya, daging sapi/kambing merupakan hal yang tergolong mewah karena harganya yang cukup mahal. Oleh karena itu, Idul Adha menjadi hari yang dinanti mereka karena di hari tersebut mereka dapat menikmati makanan berbahan daging kurban.

Namun, tidak semua masyarakat mampu dalam mengolah daging yang diberikan. Kondisi ekonomi yang menyulitkan membeli bahan bakar kompor ataupun bumbu masakan menjadi kendala bagi sebagian masyarakat. akibatnya, bukannya membantu, justru menimbulkan masalah baru bagi mereka.

proses penyaluran makanan ke lokasi penerima manfaat

LAZ Zakat Sukses menanggapi hal tersebut dengan membuat program Makanan Qurban Siap Santap, program ini mengolah daging kurban menjadi paket makanan berupa nasi, daging, dan juga sayuran serta buah-buahan yang dikemas dengan wadah makanan yang dapat digunakan kembali. Dengan begitu, masyarakat dapat langsung menyantap daging kurban tanpa harus bingung mengolah daging tersebut.

Sebanyak 400 paket makanan disebar ke beberapa titik di wilayah Kota Depok pada Senin, 3 Agustus 2020. Paket makanan tersebut menyasar masyarakat dhuafa dan pekerja informal seperti ojek online, pedagang, dan pemulung. Penyaluran dilakukan dengan mengantar ke lokasi penerima manfaat.

Program ini diharapkan dapat membantu mereka dalam merasakan nikmatnya daging tanpa harus mengolahnya. Selain itu, mereka berharap program serupa dapat dilakukan agar membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan pangan di era pandemi ini.