Qurban Ditengah Pandemi, LAZ Zakat Sukses Pastikan Qurban Tetap Higienis dan Aman

Sebanyak kurang lebih 40 orang diperiksa oleh Dinas Kesehatan Kota Depok secara bergantian pada Sabtu, 25 Juli 2020 di Kantor Pusat LAZ Zakat Sukses. Pemeriksaan tersebut merupakan salah satu kegiatan pemeriksaan kesehatan calon panitia kurban LAZ Zakat Sukses 1441H. Pemeriksaan dilakukan secara bergantian dan tetap menjaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan demi menghindari penularan COVID19 yang masih menjadi pandemi.

Para peserta dicek kesehatannya dan diberikan kuisioner terkait pola kesehatan, selain itu juga mereka diwajibkan melakukan rapid test sebagai screening kesehatan demi pencegahan penularan COVID19.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu syarat yang diberlakukan oleh pemerintah kota Depok melalui Surat Edaran (SE) Walikota Nomor 443/287/Huk/DKP3 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam Corona Virus Disease (Covid-19). Dalam surat tersebut dijelaskan bagaimana prosedur pemotongan dan penyaluran hewan kurban secara aman dan higienis.

Salah satu poin dalam surat edaran tersebut menjelaskan tentang kewajiban para penyembelih harus dalam kondisi sehat dan prima yang dibuktikan melalui tes kesehatan. Dengan begitu, kualitas dari daging kurban yang akan dibagikan dapat terjamin dan terhindar dari paparan virus COVID19.

Menurut Sunarto Zulkifli, Selaku Direktur LAZ Zakat Sukses mengatakan bahwa higienitas sangat penting ditengah kondisi seperti ini. Oleh karena itu, LAZ Zakat Sukses senantiasa menjaga higienitas kurban dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan melakukan screening test pada calon panitia kurban.

Dengan menerapkan prosedur kesehatan, diharapkan para donatur dan penerima manfaat dapat merasa aman karena proses penyembelihan dan pendistribusian dilakukan secara aman dan higienis.