Qurban Bahagia 1441 H, Rayakan Berqurban Lewat Dunia Maya

Pandemi COVID19 yang masih belum ada titik terang membuat masyarakat dunia harus mulai beradaptasi dengan ranah digital. Pembatasan sosial yang mengharuskan seseorang menjaga jarak seakan memaksa setiap orang menggantungkan aktivitasnya dengan dunia maya. Dengan begitu, mereka dapat tetap beraktivitas tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Hampir seluruh sektor kini menerapkan digitalisasi agar tetap berjalan. Mulai dari pendidikan hingga budaya kerja yang kini mengharuskan para pekerja untuk ‘ngantor’ dirumah. Semua hal tersebut dilakukan untuk satu alasan, yakni menghindari kontak fisik dan mencegah penularan COVID19.

Kini, sektor hewan kurban juga menjadi sorotan. Di tengah pandemi, banyak orang yang enggan untuk keluar rumah untuk membeli hewan kurban. Kondisi ini mulai dimanfaatkan para penjual hewan kurban dengan menjajakan hewan kurbannya melalui platform digital.

LAZ Zakat Sukses sebagai salah satu lembaga yang mengelola dan mendistribusikan hewan kurban juga memanfaatkan platform digital dalam program hewan kurbannya. Melalui sosial media dan website qurban.zakatsukses.org LAZ Zakat sukses memasarkan hewan kurbannya kepada masyarakat tanpa harus melakukan kontak fisik.

Menurut Muhammad Rizki Akbar, selaku Manajer Program LAZ Zakat Sukses dalam wawancara bersama media Kompas tv, penggunaan platform digital di era pandemi ini merupakan hal yang jitu. Melalui program ini, masyarakat yang terisolasi namun tetap ingin beribadah kurban dapat terfasilitasi baik dari segi pembelian maupun pendistribusian.

Dengan adanya pemanfaatan platform digital ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para masyarakat. Selain itu, pemanfaatan digital dalam sektor hewan kurban diharapkan dapat terus berkembang walau pandemi telah usai.