Program Ketahanan Pangan Masyarakat di RW20: “Alhamdulillah, kangkung dan lele kami subur”

Lusinan tanaman kangkung terlihat tumbuh dan mulai siap panen di beberapa rumah di kawasan RW 20, Abadijaya, Kota Depok. Kangkung yang ditanam pada media tanam berupa gelas plastik yang diletakkan melingkar diatas beberapa ember tersebut terlihat subur dan lebat. Selain itu, pada bagian dalam ember juga terlihat puluhan lele yang berenang berkerumun.

Lele dan kangkung tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bertajuk “Ketahanan Pangan Keluarga”. Program tersebut merupakan salah satu program dari LAZ Zakat Sukses yang bertujuan untuk mensejahterakan kebutuhan masyarakat secara mandiri.

Program yang sudah berjalan selama kurang lebih 1 bulan tersebut terlihat sudah menunjukkan hasil. Diawali dengan pemberian 2500 bibit lele, 50 pack bibit kangkung, panduan penanaman dan perawatan serta 50 media pelihara berupa ember pada awal bulan Juni, para warga terlihat antusias dalam melaksanakan program tersebut.

Menurut Sarbini Syarif, selaku Ketua RW 20, Abadijaya, Kota Depok mengatakan bahwa pada awalnya masyarakat agak kesulitan dalam merawat lele karena banyak yang lompat dari ember dan mati. Namun seiring berjalannya waktu, lele tersebut sudah tidak lagi lompat dan beradaptasi hidup di media ember.

Selain itu, beberapa warga yang juga berkesempatan mengikuti program Ketahanan Pangan Keluarga ini mulai merasakan hasilnya di bulan Juli 2020 ini, tepat sebulan setelah pemberian bibit dan medianya. “Lelenya sudah besar, panjangnya 18 cm kurang lebih. Kangkungnya juga sudah saya panen. Untuk lauk makan hehe”, ucap salah satu warga.

Untuk kedepannya, program ini diharapkan dapat berjalan optimal dan memberikan kesadaran masyarakat bahwa ada potensi ditengah sempitnya lahan, salah satunya adalah dengan budidaya sayuran dan ikan dalam wadah yang minim namun hasilnya maksimal.