Posyandu Kurma, Tarhib Ramadhan, dan Zakat Sukses

Bertepatan pada hari buruh internasional, yaitu 1 Mei 2019, posyandu Kurma yang berlokasi di komplek Mampang Indah 2 mengadakan acara tarhib Ramadhan. Bekerja sama dengan LAZ Zakat Sukses, Acara tersebut berlangsung dari pagi hari hingga sore hari. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Selain itu, acara ini merupakan ajang edukasi bagi anak-anak mengenai bulan Ramadhan.

Acara tersebut dibagi menjadi dua sesi, yaitu pagi dan sore hari. Sesi pagi dimulai dengan acara layanan kesehatan dan penjualan baksos murah. Sedangkan pada sesi sore diadakan tarhib Ramadhan berupa serangkaian acara untuk anak-anak usia TK hingga SD berupa pawai keliling komplek dengan atribut dan slogan-slogan mengenai euforia menyambut Ramadhan, dongeng anak, serta menonton film bersama.

Ba,da ashar, acara tarhib dimulai sekitar pukul 15.30 WIB. Suasana posyandu yang berukuran 5x5meter persegi itu mulai dipadati oleh anak-anak peserta tarhib Ramadhan komplek Mampang Indah 2 tersebut. Tak hanya anak-anak yang memadati ruangan tersebut, banyak juga Ibu-ibu yang memadati tempat tersebut lantaran sekaligus menemani buah hatinya yang menjadi peserta tarhib ramadhan.

Mr. Cuih atau Pak Asep sedang memberikan dongeng “Indahnya Ramadhan”

Riuh anak-anak mulai terdengar ketika “Mr.Cuih” atau Pak Asep selaku pendongeng dari LAZ Zakat Sukses masuk dan menyapa anak-anak. Sebagai selingan, Mr. Cuih melempar pertanyaan kepada anak-anak mengenai apa itu tarhib. Dengan wajah polos dan tingkah lugunya, anak-anak tersebut menjawab sesuai apa yang ada di lintasan pikiran mereka.

“Tarhib artinya tarik, jadinya tarik Ramadhan” celetuk salah satu anak laki-laki peserta tarhib Ramadhan tersebut.

Semua peserta mendadak tertawa mendengar jawaban spontan tersebut. Setelah beberapa peserta mencoba menjawab, Mr. Cuih akhirnya memberikan pengertian mengenai apa itu Tarhib Ramadhan secara sederhana kepada anak-anak.

Dongeng pun selesai, acara selanjutnya dilakukan menonton film bersama. Anak-anak disuguhkan dengan beberapa film “Nussa dan Rara”. Film pendek yang sedang naik daun di Youtube itu menceritakan dua kakak beradik bernama Nussa dan Rara. Durasi film pendek tersebut tidak terlalu panjang, yaitu sekitar 5 menit per video. Total 3 video yang ditonton oleh peserta tersebut.

Acara ditutup dengan pawai keliling komplek. Semua peserta langsung berhambur keluar ketika ibu Evi selaku panitia acara dan juga perwakilan Posyandu Kurma memberi aba-aba untuk berbaris dijalan dan memberikan komando. Atribut-atribut pawai mulai dibagikan oleh panitia kepada para peserta. Atribut-atribut tersebut berupa kardus, banner, serta hiasan kertas.