Peringati HPSN 2020, LAZ Zakat Sukses luncurkan Program Sedekah Minyak Jelantah

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di tahun 2020 menjadi momen bagi masyarakat untuk semakin peduli akan lingkungan. peringatan yang dilakukan pada setiap tanggal 21 Februari ini masyarakat diajak untuk memberikan kontribusinya dalam memelihara lingkungan. Baik dalam pengurangan sampah, maupun dalam pengelolaan limbah.

Tak hanya masyarakat saja, beberapa lembaga juga memperingati momen ini dengan ciri khasnya masing – masing. LAZ Zakat Sukses menjadi salah satu lembaga yang ikut dalam memeriahkan HPSN ini. Bersama RW 20 Abadijaya yang merupakan RW binaan LAZ Zakat Sukses dan Bank Sampah Rumah Harum, serta YBM PLN, LAZ Zakat Sukses mengadakan launching program Sedekah Minyak Jelantah sekaligus peringatan HPSN 2020 pada tanggal 23 Februari 2020.

Program ini menjadi salah satu sub program yang akan dijalankan oleh RW 20 Abadijaya dalam program inti RW Cahaya Sukses LAZ Zakat Sukses. Masyarakat diedukasi mengenai bahaya pencemaran minyak jelantah apabila dibuang ke sembarang tempat. Dengan adanya program Sedekah Minyak Jelantah masyarakat diberikan wadah penampungan dan akan diberikan hadiah minyak goreng 1 liter apabila warga dapat menyetor jelantah sebanyak 5 liter. Minyak tersebut nantinya akan diolah menjadi biodiesel atau sabun cuci.

dari kiri ke kanan : Baznas Kota Depok – Setiawan Eko, Camat Sukmajaya – Tito Ahmad, Bank Sampah Rumah Harum – Hermansyah, RW 20 – Sarbini, Direktur Zakat Sukses – Sunarto, Kesos Kota Depok – Nurjanah, Ketua PKK Abadijaya – Permayanti, Lurah Abadijaya – Widiyanto

Acara ini dihadiri oleh Sekda bagian Kesejahteraan Sosial yang juga mewakili Walikota Depok yaitu ibu Nurjanah, Camat Sukmajaya bapak Tito Ahmad Riyadi, Lurah Abadijaya bapak Widiyanto dan ibu Permayanti selaku Ketua PKK Abadijaya, serta BAZNAS Kota Depok bapak Setiawan Eko Nugroho. Diadakan di Lapangan Gelora, RW 20 Abadijaya membuat acara dapat menampung banyak peserta. Tercatat kurang lebih 100 peserta yang merupakan warga RW 20 dan beberapa RW sekitar.

Menurut Camat Sukmajaya, bapak Tito Ahmad Riyadi mengatakan “mudah-mudahan program ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Depok”. Selain itu, menurut Ketua IV BAZNAS Kota Depok bapak Setiawan Eko Nuhroho mengatakan “saya terkesan dengan program ini, saya berharap program ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dan masalah sampah dapat teratasi.”

Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli sedang menuang minyak jelantah ke dalam dropbox

Dalam acara tersebut diberikan sebuah dropbox minyak sebagai media pengumpulan minyak jelantah para warga dan juga ember yang menjadi wadah tiap kepala keluarga dalam mengumpulkan minyak sebelum disetor ke dropbox. Dengan diberikan fasilitas tersebut diharapkan masyarakat dapat mudah dalam mengumpulkan minyak jelantah sekaligus menjaga lingkungannya agar bebas dari limbah jelantah.