Penyerahan Santunan 100 Tunanetra di Tapos


Penyerahan Santunan 100 Tunanetra di Tapos – Tunanetra, merupakan istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Di Indonesia sendiri, penderita tunanetra diperkirakan berjumlah sekitar 1,5 persen dari total jumlah penduduk, atau sekitar 4 juta orang.

Lebih lanjut, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2021 pernah memaparkan data, dari total 7 miliar penduduk dunia 15 persen diantaranya adalah penyandang disabilitas, termasuk tunanetra. Dari sejumlah 15 persen itu, 80 persennya tinggal di negara berkembang. Ini menunjukkan bahwa dunia dan Indonesia tidak bisa menganggap sepele penderita disabillitas.

Kelainan penglihatan tersebut dapat menimbulkan dampak langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan penyandangnya. Untuk dampak langsung, berupa keterbatasan yang terjadi pada individu karena mengalami kelainan penglihatan seperti tidak dapat/kesulitan dalam melihat, dan kesulitan/terbatas dalam bermobilitas.

Sementara untuk dampak tidak langsung berupa reaksi penyandang tunanetra sendiri pada kelainan penglihatannya seperti: minder, merasa tidak berdaya, putus asa, dan masih banyak lainnya. Untuk itu, LAZ Zaka Sukses berinisiasi untuk membangkitkan semangat dan kebahagiaan dari penyandang tunanetra dengan memberikan santunan kepada 100 tunanetra di kawasan Tapos.

Tujuan pemilihan tunanetra sebagai salah satu penerima manfaat dari Zakat Sukses adalah karena mereka memiliki keterbatasan dalam hal fisik, untuk itu perlu adanya dukungan baik berupa bantuan santunan maupun dukungan sosial. LAZ Zakat Sukses, sebagai lembaga yang mengelola dana Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS), memiliki peranan penting untuk menyalurkan langsung bantuan melalui pilar sosial kemanusiaan.

Salah satu penerima manfaat tunanetra, Bapak Puguh, mengungkapkan rasa syukurnya karena telah dibantu secara moril dan ekonomi melalui santunan yang diberikan. Dengan perasaan penuh kebahagiaan, Bapak Puguh mengucapkan terima kasih atas penyerahan santunan kepada dirinya dan teman-temannya.

Mewakili penyandang tunanetra lainnya, Bapak Puguh mendoakan agar para donatur, Amil, dan Zakat Sukses agar senantiasa diberikan kesehatan, dilancarkan dalam mencari rezeki, mendapatkan rahmat dari Allah SWT, serta diberikan tempat yang mulia di yaumil kiamah nanti.

Penyerahan santunan kepada penyandang disabillitas tunanetra telah mendukung tujuan SDGs global yang ditargetkan di tahun 2030 yaitu menjamin hak kesehatan setiap individu agar memiliki kehidupan yang sehat dan sejahtera.

Dalam podcast yang diselenggarakan LAZ Zakat Sukses dalam rangka Hari Zakat Nasional di bulan Ramadhan lalu, Bapak Sunarto Zulkifli, Direktur LAZ Zakat Sukses, mengatakan jika sudah seharusnya lembaga zakat membantu pemerintah Indonesia maupun dunia dalam mewujudkan tujuan SDGs. Untuk itu, LAZ Zakat Sukses dalam menjalankan programnya memiliki 6 pilar utama yaitu dakwah, sosial kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan, dan lingkungan yang selaras dengan tujuan pembangunan global.

Please follow and like us: