Kunjungi Zakat Sukses, PG/TK Smart Bee Salurkan Donasi untuk Yatim


Dalam rangka menyemarakkan Muharram 1444 H atau Tahun Baru Islam, PG/TK Smart Bee kunjungi LAZ Zakat Sukses untuk menyalurkan donasi santunan yatim. Tidak ingin ketinggalan dengan umat muslim lainnya, PG/TK Smart Bee ikut serta menyerahkan santunan yatim senilai Rp2.700.000. Donasi ini terkumpul dari sumbangan wali murid dan guru yang berinisiasi berbuat kebaikan di bulan Muharram untuk menolong para yatim dhuafa yang membutuhkan.

Donasi yang terkumpul telah diserahkan langsung oleh Kepala Sekolah PG/TK Smart Bee kepada perwakilan LAZ Zakat Sukses bernama Abdul Fattah Ismail Faqih. Acara simbolis yang dihadiri oleh adik-adik PG/TK Smart Bee juga dimeriahkan dengan dongeng edukasi tentang “Berbagi”. Dongeng edukasi tersebut diisi oleh pendongeng nasional bernama Kak Izul.

Saat menceritakan dongeng tentang ”Berbagi”, adik-adik terlihat mulai memahami apa itu berbagi dan bagaimana cara melakukannya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berbagi diartikan membagi sesuatu bersama. Dari dongeng yang disampaikan Kak Izul, dapat ditarik kesimpulan bahwa berbagi merupakan memberi atau menerima sesuatu dari barang, cerita, kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita.

Selain itu, adik-adik PG/TK Smart Bee yang hadir juga turut diperkenalkan oleh Fahru Rhozi tentang edukasi pengolahan sampah organik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai. Dalam penyampaiannya, Koordinator program pemberdayaan LAZ Zakat Sukses ini mengatakan sampah organik dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak dan pupuk kompos.

Dengan tutur bahasa yang mengajak dan informatif, Fahru Rhozi menjelaskan kepada adek-adek PG/TK Smart Bee tentang bagaimana mengolah sampah organik. “Di Zakat Sukses, kami bersama Komunitas Maggie Farm Depok sedang membudidayakan maggot atau larva Black Soldier Fly, untuk mengurangi sampah organik seperti sayur, kulit pisang, buah yang sudah busuk, kulit bawang, dan lainnya,” ujar Fahru Rhozi.

Seluruh peserta yang hadir khususnya adik-adik dari PG/TK Smart Bee merasa senang dan bersemangat atas kunjungan ke Aula Kantor Pusat Zakat Sukses. Terlihat dari raut wajah mereka begitu ceria dan penuh rasa penasaran setelah Fahru Rhozi memperlihatkan maggot kepada adik-adik dari PG/TK. Didampingi Fitri A. Rahma selaku MC, kegiatan yang terlaksana selama hampir tiga jam ini berjalan dengan menyenangkan, seru, dan penuh kekeluargaan.