Peduli Lingkungan, Warga Kelurahan Curug Adakan Gerakan Sedekah Minyak Jelantah

Sampah merupakan sebuah masalah yang hingga kini belum dapat diatasi oleh mayoritas kota di Indonesia. Kota Depok contohnya, menurut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok bahwa setiap harinya ada 1.400 ton sampah yang dihasilkan oleh warga Kota Depok yang dibuang ke TPU Cipayung.

Tentunya hal tersebut berpotensi membahayakan ekosistem dan lingkungan apabila terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa program untuk mengatasi sampah juga sudah dilakukan, namun program tersebut kebanyakan masih berfokus pada sampah plastik yang memang menjadi mayoritas. Sehingga limbah – limbah lainnya seperti limbah minyak jelantah dan tekstil, masih luput dari program pengentasan.

Limbah minyak jelantah saat ini menjadi polemik karena potensi pencemarannya berbahaya karena dapat mencemari sungai dan tanah. Oleh karena itu, LAZ Zakat Sukses bersama Kampung Cerdas dan warga RW04 Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok mengadakan launching program Sedekah Minyak Jelantah. Acara tersebut dilakukan di Kampung Cerdas, Gg. Damon, RT04/04 pada Jum’at, 04 September 2020.

Program Sedekah Minyak Jelantah merupakan salah satu program yang dibuat oleh LAZ Zakat Sukses sebagai salah satu upaya penanggulangan limbah minyak jelantah. Program ini dibuat agar mewadahi masyarakat untuk mengelola limbah minyak jelantah menjadi bahan berguna seperti biodiesel dan sabun batang. Dengan begitu, masyarakat dapat terbebas limbah dan sekaligus mendapatkan manfaat pahala karena minyak yang disedekahkan dapat berguna menjadi barang bernilai.

Lurah Curug, Bambang Eko Sumono

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Bambang Eko Sumono selaku Lurah Curug, Renaldi selaku Ketua Kampung Cerdas, Atang selaku Ketua RW04, Alfian Febriansyah selaku divisi program LAZ Zakat Sukses dan juga beberapa perwakilan anggota bank sampah Kelurahan Curug.

Bambang Eko Sumono dalam sambutannya mengucapkan apresiasi atas program ini. Beliau mengatakan bahwa pengolahan minyak jelantah merupakan hal yang tepat untuk memberantas pencemaran limbah minyak jelantah. Menurutnya, program Sedekah Minyak Jelantah ini dapat ditiru oleh RW lainnya, baik didaerah Kelurahan Curug, ataupun lainnya.

Renaldi, selaku ketua Kampung Cerdas sekaligus penanggung jawab Program Sedekah Minyak Jelantah Curug mengatakan bahwa setelah launching ini, program Sedekah Minyak Jelantah akan disebar ke 11 titik RW di sekitar Kelurahan Curug.

sayuran yang didapat dari program “Jumat Berkah”

Selain itu, acara ini juga dibarengi dengan program Jum’at Berkah. Program ini adalah sebuah program sedekah dengan memberikan paket sayuran dan juga buah – buahan kepada para warga yang menukarkan minyak jelantah. Hal ini ditujukan agar masyarakat teredukasi dan sekaligus mengapresiasi masyarakat karena telah peduli dengan lingkungan dengan tidak membuang limbah minyak jelantah ke sembarang tempat.

Masyarakat sangat antusias dalam acara launching tersebut. Mereka berharap bahwa acara ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungannya.