Pecah, Acara Pelatihan Metode Hafalan Al-Qur’an “Tikrar” Ramai Peserta

Suasana Sabtu pagi pada tanggal 27 Juli 2019 di masjid Balaikota Depok tidak seperti biasanya. Semenjak pagi pada pukul 07.00 WIB sudah banyak orang yang datang ke masjid. Baik tua maupun muda semuanya berdatangan dan berebut barisan paling depan dekat dengan mimbar masjid. Keadaan ramai tersebut bukanlah tanpa alasan, melainkan mereka adalah para peserta pelatihan menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode “Tikrar”.

Tikrar sendiri berarti mengulang, dimana metode ini adalah cara menghafal dengan teknik pengulangan. Pengulangan tersebut diulang sebanyak 40 kali. Selain itu, diperlukan jenis Al-Qur’an khusus yang bernama Al-Qur’an tikrar. Dalam Al-Qur’an tersebut terdapat beberapa kolom repetisi yang harus diisi oleh orang yang menghafal, sehingga proses mengulang yang harus sebanyak 40 kali tidak mengalami pengurangan atau kelebihan.

Acara ini merupakan bentuk kerjasama antara LAZ Zakat Sukses dengan Syaamil Qur’an dan Tikrar itu sendiri. Menurut ibu Mulyaningsih selaku ketua panitia acara, animo masyarakat mengenai metode Tikrar ini sangatlah baik. Beliau meneruskan, “target peserta kita adalah 700 peserta dan akan ditutup setelah memenuhi target, tetapi masih banyak yang ingin daftar padahal pendaftaran sudah ditutup”.

Acara yang berdurasi sampai jam 14.00 WIB ini menghadirkan Ustadz Hidayatur Rahman, S.E.I., M.Pd.I, selaku trainer dan motivator agar minat menghafal dan semangat dalam menghafal terus tinggi. Selain itu, untuk metode menghafalnya diajar oleh Ustadz Abrori Rofi’ie selaku trainer metode Tikrar. Untuk memeriahkan acara, panitia bersama LAZ Zakat Sukses memberikan doorprize kepada peserta yang aktif.

Dalam pelatihannya, peserta diberikan lembar mushaf Tikrar dan diinstruksikan untuk berdampingan dan diberikan tugas untuk menghafal 5 ayat dalam waktu singkat. Tujuannya adalah untuk saling “menyetor” dan mengoreksi hafalan dari tiap pasangan agar lebih mudah terserap dalam ingatan. Terbukti setelah menggunakan metode Tikrar, peserta diberikan kesempatan untuk maju kedepan dan menyetorkan hafalannya sebanyak 5 ayat dan semuanya mengingat dengan cukup baik.

Acara ditutup dengan pengambilan infak yang akan digunakan untuk kegiatan rumah tahfizh LAZ Zakat Sukses. Dalam kegiatan tersebut, rasa kepedulian dan kontribusi peserta dalam memajukan para penghafal Al-Qur’an sangatlah tinggi. Dalam waktu singkat, LAZ Zakat Sukses berhasil memperoleh donasi sebanyak Rp. 25.000.000. Dengan besaran donasi yang cukup besar tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan hafalan Al-Qur’an.