Menuju Masyarakat Sehat, RW 20 Abadijaya Adakan “Pertemuan Sehat”

Di era yang serba instan ini, masyarakat masa kini dimanjakan dengan beragam teknologi canggih untuk memudahkan segala aktivitas mereka. Mulai dari kegiatan membersihkan rumah, yang sekarang difasilitasi oleh jasa pembersih rumah online, kemudahan berpindah tempat yang difasilitasi berbagai jenis kendaraan, hingga kebutuhan alamiah seperti makan sekarang dimudahkan oleh layanan pesan antar yang dapat menjangkau daerah manapun.

Kondisi tersebut jelas sangat bernilai positif karena dapat menghemat waktu serta tenaga kita. Namun ada dampak negatif yang mengintai kita secara tidak langsung. Dampak negatif tersebut adalah timbulnya masyarakat yang malas untuk bergerak. Masyarakat masa kini kerap menyebutnya dengan istilah “mager” atau malas gerak. Dengan malas bergerak, tubuh akan rentan terkena penyakit karena metabolisme yang berkurang.

Selain itu, kesadaran akan gaya hidup sehat juga menjadi penentu seseorang menjadi sehat. Dengan mengetahui gaya hidup sehat, tentunya akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih berhati – hati dalam beraktivitas. Mengetahui kesadaran gaya hidup sehat akan membawa kita dalam berfikir apakah aktivitas dan asupan gizi kita seimbang atau tidak. Sehingga dapat terhindar dari penyakit yang timbul atas asupan dan perilaku tidak sehat.

Seperti yang dilakukan oleh warga RW 20, Kelurahan Abadijaaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok pada Sabtu, 20 Juli 2019. Mereka bersama LAZ Zakat Sukses dan YBM PLN mengadakan pertemuan kesehatan berupa penyuluhan kesehatan dan cek kesehatan gratis. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan RW yang dibuat oleh LAZ Zakat Sukses bersama YBM PLN yang bernama RW Cahaya Sukses. Alasan diadakan program tersebut karena masyarakat ingin lebih waspada dalam menjaga tubuh agar tetap sehat sekarang dan di masa tua. Selain itu, kegiatan ini juga dibarengi dengan tim posyandu yang memberikan pelayanan berupa pemeriksaan balita RW 20 dan pemberian vitamiin dan suplemen bayi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh lurah Abadijaya, bapak Widiyanto dan juga ibu Permai selaku ketua PKK. Menurut bapak Widiyanto dalam sambutannya, program seperti ini sangat penting sekali karena akan meningkatkan tingkat kesehatan masyarakatnya. Dan beliau berharap program – program seperti ini akan terus berlanjut agar masyarakat dapat sehat selalu.

Ketua RW 20, bapak Sarbini Syarief mengatakan bahwa sebelumnya masyarakat sangat membutuhkan program seperti ini. Karena sudah beberapa tahun terakhir tidak ada program yang berhubungan dengan kesehatan khususnya pelayanan kesehatan lansia. Beliau berharap program ini akan memberikan kemudahan akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Total ada 56 peserta yang menghadiri dan mengikuti penyuluhan kesehatan dan cek kesehatan gratis. Acara makin dimeriahkan dengan doorprize dan fasilitas berupa snack bubur kacang hijau gratis yang diberikan panitia kepada setiap peserta yang hadir. Setiap peserta juga diberikan akses berupa kartu layanan kesehatan oleh LAZ Zakat Sukses yang dapat digunakan untuk berobat secara gratis di klinik kesehatan LAZ Zakat Sukses, yaitu Klinik Berkah Medika yang berada di komplek Grand Depok City.