Mengintip Semangat Lansia Belajar Alqur’an Melalui Program Tahsin Lansia Zakat Sukses

Usia senja tidak menjadi halangan bagi seseorang untuk terus menimba ilmu. Ditengah kaki yang sering sakit karena usia tua, ditambah mata yang sudah kurang awas melihat huruf – huruf tidak menjadi alasan untuk tinggal diam dalam mengejar ilmu.

Seperti yang dilakukan para ibu – ibu pengajian di Rumah Tahfidz Sukses Zakat Sukses, Jalan Jelutung No. IV, Kota Depok. Rombongan ibu – ibu lanjut usia yang berjumlah sekitar 13-15 orang senantiasa selalu memenuhi Rumah Tahfidz tersebut setiap hari Senin, Selasa, dan Jumat. Perkumpulan mereka merupakan program Tahsin Lansia LAZ Zakat Sukses yang bertujuan agar para lansia diberikan wadah sarana belajar membaca AlQur’an mulai dasar hingga mahir.

Dipimpin ibu Neneng selaku guru, para ibu – ibu dengan tertib dan khusyu mencoba belajar membaca AlQur’an dengan baik dan benar. Meskipun terbata – bata, namun tidak tampak wajah menyerah dari para ibu ini.

Program ini terbagi menjadi 3 kelompok dimana setiap kelompok diberikan materi yang berbeda. Di hari senin merupakan jadwal untuk para pemula, yang belum fasih membaca dan bahkan belum lancar. Hari Selasa merupakan jadwal untuk yang sudah bisa membaca, namun masih ada kesalahan dalam membacanya. Dan untuk hari Jum’at merupakan jadwal untuk yang sudah lumayan mahir.

Dengan adanya program ini diharapkan para lansia dapat belajar mengenai tahsin dengan baik dan benar. Sehingga mereka dapat membaca AlQur’an dengan baik dan sesuai tajwid.