Memperingati Hari Ibu, LAZ Zakat Sukses bersama Posbindu Kurma Adakan Cek Kesehatan Gratis

“Kasih ibu, kepada beta. Tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi, tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia.” Lagu tersebut merupakan lagu yang cukup terkenal untuk menggambarkan bagaimana kasih sayang seorang ibu. Sosok seorang ibu merupakan anugerah yang kita dapatkan ketika lahir ke dunia ini. Melalui kasih sayangnya ia memberikan pengetahuan dan perlindungan kepada kita. Tak jarang bahkan setelah dewasa pun dirinya tetap perhatian terhadap anak – anaknya.

Sudah sepatutnya kita berbakti kepada ibu. Ada banyak sekali cara untuk berbakti kepada sosok penyayang ini. Biasanya wujud bakti ini diberikan dan dirayakan pada hari ibu setiap tanggal 22 Desember. Pada tanggal tersebut seorang ibu akan diperlakukan istimewa dan diberikan hadiah atau penghargaan atas jasanya menjadi seorang ibu.

Berkenaan dengan hari ibu, pada tanggal 22 Desember 2019 Posbindu Kurma mengadakan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan kepada para lansia khususnya wanita. Pemeriksaan ini sebagai wujud layanan kepada para ibu yang telah berjasa. Pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan ini menggandeng LAZ Zakat Sukses untuk acara tersebut. Dengan program layanan kesehatan gratis LAZ Zakat Sukses diharapkan dapat memberikan dampak signifikan terkait pemeriksaan gratis ini.

dr. Yuti Delben (kanan) sedang memberikan hasil konsultasi kepada nenek di Posbindu Kurma

Dalam penyuluhan kesehatan tersebut menggandeng dr. Yuti Delben selaku dokter LAZ Zakat Sukses. Beliau menjelaskan materi terkait hidup sehat khusus lansia. Menurutnya, kunci hidup sehat khusus lansia adalah ‘451’ dimana 4 adalah konsumsi 4 sendok makan gula dalam sehari, 5 sendok makan minyak dalam sehari, dan 1 sendok teh garam dalam sehari. Mengonsumsi gula, garam, dan minyak melebihi takaran itu selama sehari menurut dr. Yuti akan mengakibatkan banyak permasalahan penyakit. Sehingga dengan takaran tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dalam hidup sehat.

Total ada 46 peserta yang mengikuti dan melakukan cek kesehatan yang meliputi timbang badan, tensi darah, cek kolesterol, gula darah, dan asam urat. Para peserta merasa senang atas program khusus hari ibu ini. Ibu Ani, selaku panitia Posbindu Kurma juga mengucapkan terima kasih kepada LAZ Zakat Sukses atas bantuannya dalam program pemeriksaan kesehatan ini. Dirinya berharap bahwa sinergi ini semoga menghasilkan angin positif bagi Posbindunya, Zakat Sukses, maupun para warganya.