Lebak Tersapu Banjir, Tim Aksi Tanggap Bencana Zakat Sukses Merespon Cepat

2020 menjadi tahun bagi kita untuk lebih bermuhasabah diri. Dengan bencana yang datang silih berganti mengharuskan kita untuk sadar bahwa dunia dan isinya hanyalah titipan Yang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia hanya sebagian kecil dari makhluk-Nya yang memiliki kewajiban menjaga alam dengan sebaik-baiknya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.

Banjir bandang di Lebak, Banten menjadi salah satu sorotan bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah Subhanahu Wata’ala. Di awali dengan hujan deras pada malam 31 Desember 2019, sungai Ciberang yang meluap menyapu sekelilingnya, termasuk pemukiman di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten.

Banjir bandang tersebut sukses menyapu 30 unit jembatan penghubung antar desa, 1.410 rumah permanen rusak berat, 51 rumah rusak ringan, dan 1.500 orang mengungsi. Kondisi pemukiman warga ditutupi oleh lumpur setebal kurang lebih 50 cm akibat banjir bandang tersebut.

Satu – satunya akses menyebrang antar desa adalah dengan menggunakan perahu karet

Hingga tanggal 10 Januari 2020, masyarakat masih mengungsi dan keadaan pemukiman yang tersapu banjir lumpuh total akibat lumpur dan air yang masih naik turun karena curah hujan yang masih tinggi. Menanggapi hal tersebut, LAZ Zakat Sukses mengerahkan tim Aksi Tanggap Bencana (ATB) untuk mengirimkan bantuan berupa logistik dan paket pendidikan.

Tim Aksi Tanggap Bencana LAZ Zakat Sukses menyusuri tali penyebrangan sambil membawa bantuan paket pendidikan

Aksi tersebut dilakukan pada tanggal 10 Januari 2020 bekerjasama dengan Yayasan Al Ashri dengan mengerahkan satu unit ambulan dan dua mobil pribadi. Barang – barang yang dibawa berupa bahan makanan instan, kopi, popok bayi, pakaian layak pakai, dan juga paket pendidikan berupa tas dan alat tulis.

Bapak Eli Suhaeli, selaku perwakilan penyintas banjir bandang mengucapkan terima kasih kepada LAZ Zakat Sukses dan para donatur yang senantiasa membantu para penyintas banjir yang kondisinya serba kekurangan.

LAZ Zakat Sukses juga merekam perjalanan pemberian bantuan korban Lebak dalam bentuk video. Selengkapnya dapat dilihat di : https://www.youtube.com/watch?v=V8arP6S8C_4