LAZ Zakat Sukses Raih WTP di Tahun 2020


DEPOK, www.zakatsukses.org- Laporan Keuangan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses tahun 2020 raih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Razikun Tarkosunaryo. Predikat WTP ini, telah dicapai oleh LAZ Zakat Sukses selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2018 hingga 2020.

Capaian WTP ini, merupakan sebuah capaian yang luar biasa sejak LAZ Zakat Sukses didirikan. Pencapaian ini merupakan bukti bahwa LAZ Zakat Sukses berkomitmen untuk menjadi lembaga yang akuntabel, transparan, dan profesional.

Salah satu dosen Universitas Indonesia Dr. Dodik Siswantoro yang juga merupakan peneliti dari Zakat Wakaf Watch mengatakan bahwa LAZ Zakat Sukses merupakan satu dari tiga lembaga yang melaporkan aktivitas, program, dan laporan keuangannya dalam bentuk annual report. “Sejak tahun 2018, LAZ Zakat Sukses konsisten mempublikasikan annual report yaitu ringkasan keuangan dari aktivitas lembaga dalam periode satu tahun,” ujar Pak Dodik.

Dalam menyusun laporan keuangan pengelolaan zakat, infak/sedekah (ZIS), LAZ Zakat Sukses berpedoman kepada prinsip akuntansi syariah dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 109 (PSAK No. 109) Tahun 2012.

Direktur LAZ Zakat Sukses, Bapak Sunarto Zulkifli mengatakan “Kami merupakan lembaga yang transparan, dengan menampilkan laporan keuangan secara terbuka dalam webite www.zakatsukses.org. yang bisa diunduh atau dilihat oleh siapa saja,” ujar Bapak Sunarto.

Sebagai penjelas, audit keuangan merupakan penilaian atau evaluasi atas suatu organisasi, perusahaan, atau lembaga sehingga menghasilkan pendapat serta opini yang independen dari pihak ketiga tentang laporan keuangan yang akurat, lengkap, relevan, wajar, dan pastinya sesuai dengan prinsip akuntansi dan aturan yang berlaku.

WTP
WTP