baznasaward

LAZ Zakat Sukses Raih BAZNAS Jabar Award


LAZ Zakat Sukses Raih BAZNAS Jabar Award – Kamis, 16 Desember 2021,Badan BAZNAS Jawa Barat menggelar Penganugerahan BAZNAS JABAR Award 2021 dengan berbagai kategori. Tujuan kegiatan ini digelar untuk memberikan penghargaan terhadap individu, instansi, maupun media partner yang dinilai berperan penting dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah di Provinsi Jawa Barat. Dari 18 kategori yang ditentukan oleh dewan juri BAZNAS JABAR, Alhamdulillah Zakat Sukses masuk ke dalam tiga nominasi Penganugerahan BAZNAS JABAR Award 2021.

Zakat Sukses berhasil raih nominator kategori Program Pendayagunaan yang menghasilkan munfiq terbanyak, nominator kategori Pertumbuhan Penghimpunan ZIS Tertinggi dan Alhamdulillah atas izin Allah SWT LAZ Zakat Sukses berhasil memenangkan Anugerah BAZNAS JABAR 2021 kategori Kelembagaan Terbaik. Pastinya penghargaan ini tak lepas dari peran dan kontribusi berbagai divisi Zakat Sukses dalam menjalankan tugasnya masing-masing hingga dapat meraih anugerah Kelembagaan Terbaik.

Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli, mengucapkan rasa syukur dan bangga karena LAZ Zakat Sukses bisa masuk nominasi hingga dapat meraih penghargaan Baznas Jabar Award 2021 kategori Kelembagaan Terbaik. “Alhamdulillah sangat bangga Zakat Sukses bisa meraih penghargaan ini, harapannya Zakat Sukses dapat terus menebar kebaikan dan berkontribusi untuk masyarakat dhuafa yang membutuhkan,” ujarnya. Ia juga memohon doa untuk Zakat Sukses agar dilancarkan dan dimudahkan untuk naik tingkat menjadi lembaga zakat tingkat provinsi.

“Mohon doanya agar Zakat Sukses dapat menebar kebaikan tak hanya tingkat Kota namun dapat bermanfaat ke tingkat Provinsi,” ujarnya.

Terpilihnya LAZ Zakat Sukses sebagai LAZ dengan Kelembagaan Terbaik pastinya telah memenuhi indikator penilaian yang ditetapkan oleh BAZNAS JABAR. Komponen penilaian tersebut terdiri dari 4 poin yaitu penghimpunan zakat, infaq, & sedekah (ZIS), penyaluran dana ZIS tahun 2021, pengelolaan ZIS Tahun 2021, dan pelaporan ZIS tahun 2020. Pada penilaian penghimpunan ZIS, Zakat Sukses berhasil mendapatkan total penghimpunan sebanyak Rp 21.645.000.000. Angka tersebut melebihi target yang telah ditentukan Zakat Sukses yaitu Rp 16.400.000.000 sepanjang tahun 2020.

Sementara itu sepanjang bulan Januari hingga Oktober 2021, Zakat Sukses menargetkan penghimpunan ZIS sebanyak Rp 18.100.000.000. Alhamdulillah atas izin Allah dan antusias para donatur, LAZ Zakat Sukses berhasil mencapai dan melebihi target penghimpunan ZIS dengan total nilai Rp 29.346.948.887. Antusias para donatur baik itu muzakki (orang yang membayar zakat) maupun orang yang berinfaq dapat dilihat dari total muzakki individu sebanyak 8.903 orang, dan muzakki badan dengan total 50 lembaga sepanjang tahun 2020.
Angka ini naik pada bulan Januari hingga Oktober dengan total muzakki individu sebanyak 10.614 orang, dan muzakki lembaga sebanyak 70.

Pencapaian ini pastinya tidak lepas dari koordinasi yang baik dari divisi fundraising, program, dan finance LAZ Zakat Sukses. Untuk melaporkan kegiatan, laporan keuangan dan melakukan penghimpunan, LAZ Zakat Sukses memiliki website resmi yaitu zakatsukses.org, sahabatberbagi.org, qurban.zakatsukses.org, dan masjidku.co. Tak hanya berfokus pada website, LAZ Zakat Sukses pun memiliki akun media resmi baik instagram, facebook, twitter, tiktok, dan kanal youtube.

Pada komponen penilaian kedua, yaitu penyaluran dana ZIS tahun 2021, Alhamdulillah LAZ Zakat Sukses telah berkontribusi untuk membantu mensejahterakan masyarakat dhuafa yang membutuhkan melalui berbagai program yang ada. Total dana ZIS yang tersalurkan pada bulan Januari hingga Oktober 2021 adalah Rp 18.175.920.852. Dari total tersebut, sebanyak Rp 2.495.471.556 atau 14% dari dana yang tersalurkan digunakan untuk program penyaluran ZIS produktif 2021. Di antara program pendayagunaan produktif yang telah berjalan tersebut adalah RW Sukses Berdaya, Sedekah Minyak Jelantah, Satu RW Satu Usaha, Sahabat Warung, Lembaga Bantu Lembaga, SMA Terbuka Zakat Sukses, dan Bantuan Pembangunan Sekolah & Pesantren.

Zakat Sukses juga telah menyalurkan ZIS yang bersifat konsumtif sekitar 86% atau Rp 15.680.449.296. ZIS konsumtif adalah penyaluran yang dilakukan satu kali seperti penyaluran korban bencana, biaya pendidikan sekolah, bantuan tunggakan kontrakan, dan masih banyak lainnya. Meski penyaluran ada yang bersifat produktif dan konsumtif, namun LAZ Zakat Sukses memiliki satu tujuan sama yaitu membantu mensejahterakan masyarakat yang membutuhkan. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan SDGs yaitu mengurangi kemiskinan, meningkatkan nilai gizi & mengurangi angka kelaparan, dan membantu masyarakat dalam memenuhi haknya baik kesehatan, pendidikan, dan kehidupan yang lebih sejahtera. Bahkan, sekitar 205 mustahik telah bertransformasi menjadi muzakki dari total 15.139 mustahik sepanjang tahun 2021.

Saat ini, Zakat Sukses memiliki rencana yang cukup strategis kedepan dengan mengedepankan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan. Rencana tersebut nantinya akan terealisasikan melalui program-program yang terdapat pada 5 pilar yaitu sosial kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan, dan dakwah. Tak hanya itu, dalam menjalankan tugas LAZ Zakat Sukses telah memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan memiliki peraturan lembaga yang terstruktur.
Zakat Sukses juga memiliki rekening yang terpisah antara bank dana salur dan operasional. Untuk biaya operasional, tercatat dari bulan Januari hingga Oktober 2021 Zakat Sukses telah mengeluarkan anggaran Rp 1.709.417.117.

Biaya operasional yang telah keluar digunakan untuk memperbaiki fasilitas atau infrastruktur kantor, bensin & service mobil ambulance, gaji pegawai, dan masih banyak lainnya. Zakat Sukses juga merupakan lembaga yang bersifat transparan dalam hal melaporkan audit keuangan. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Zakat Sukses dalam meraih predikat WTP 5 tahun berturut-turut. Tak hanya itu, LAZ Zakat Sukses juga rutin melaporkan dana penghimpunan dan penyaluran melalui buku Laporan Tahunan maupun Laporan Tengah Tahun.

Sahabat, Alhamdulillah Zakat Sukses meraih gelar Kelembagaan Terbaik dari BAZNAS JABAR Award 2021. Harapannya, Zakat Sukses dapat terus berkontribusi dalam menebar manfaat & kebaikan untuk ummat yang membutuhkan dengan kerja sama & koordinasi antar tim divisi yang solid. Zakat Sukses mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait dan para donatur yang senantiasa telah membayar zakat dan menyisihkan sebagian rezekinya untuk berinfaq. Semoga kita semua diberikan kesehatan, dilancarkan rezekinya, dijauhkan dari segala penyakit, dan setiap langkah kebaikan yang dilakukan diberikan ganjaran pahala dari Allah SWT, Aamin..