Laporan

Laporan Penyaluran November


Laporan Penyaluran November – Kabar bahagia telah menjumpai LAZ Zakat Sukses. Pasalnya, beberapa pilar program LAZ Zakat Sukses meningkat pesat dalam hal penyaluran bantuan kepada para mustahik. Data mencatat, selama bulan November total anggaran yang tersalurkan kepada mustahik atau penerima manfaat adalah Rp 1.424.909.995. Sebelumnya, pada bulan Oktober anggaran yang digunakan untuk penyaluran kepada mustahik sebesar Rp 1.189.982.803. Peningkatan ini tidak terlepas dari peran tim Zakat Sukses dalam mengembangkan program dan antusias para donatur yang menyisihkan rezekinya untuk berdonasi.

Peningkatan jumlah anggaran ini patut diapresiasi karena menjadi suatu kebanggaan bagi LAZ Zakat Sukses sebagai lembaga zakat yang dapat terlibat langsung untuk berkontribusi dalam membantu para penerima manfaat yang membutuhkan. Hadirnya LAZ Zakat Sukses di tengah-tengah masyarakat ini menunjukkan rasa kepedulian dengan aksi nyata melalui program-program yang tersebar di lima pilar utama yaitu kesehatan, sosial kemanusiaan, pendidikan, pemberdayaan, dan dakwah.

Selaras dengan hal tersebut, kontribusi LAZ Zakat Sukses juga telah menyukseskan dan membantu pemerintah Indonesia maupun global dalam mencapai tujuan SDGs. Tujuan tersebut meliputi membantu pemerintah dalam mengakhiri kemiskinan di setiap wilayah, mengakhiri angka kelaparan, memastikan masyarakat dapat hidup sehat & sejahtera, setiap anak mendapatkan pendidikan yang inklusif & berkualitas, dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pilar pemberdayaan LAZ Zakat Sukses.

Dengan terlaksananya program di masing-masing pilar, kami berharap dapat membantu meringankan penerima manfaat dalamm mencukupi kebutuhannya baik pada aspek pendidikan, kesehatan, dan keperluan pokok. Sementara itu Sunarto Zulkifli, direktur LAZ Zakat Sukses, mengungkapkan bahwa SDGs dengan Zakat Sukses adalah satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Mereka sejalan dengan tujuan yang sama yaitu membantu masyarakat dhuafa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, LAZ Zakat Sukses memiliki peranan penting dalam mewujudkan membantu masyarakat dhuafa agar memiliki kehidupan yang lebih baik.

Pada aspek sosial kemanusiaan misalnya, disana Zakat Sukses memiliki program utama yang telah berjalan pada bulan November, seperti salah satunya adalah program Layanan Mustahik. Program ini dilaksanakan ketika para mustahik mengajukan proposal terlebih dahulu yang kemudian diproses sebagai pertimbangan persetujuan bantuan sebelum tersalurkan. Jika mustahik tersebut memenuhi kriteria untuk dibantu, maka LAZ Zakat Sukses akan menyalurkan bantuan yang diajukan sesuai persetujuan tim dan manager.

Salah satu kisah mustahik yang menerima bantuan sosial kemanusiaan ialah Siti Maemunah atau akrab disapa ibu Siti. Beliau mengucapkan terima kasih karena dirinya dan keluarga telah dibantu untuk melunasi tunggakan kontrakan yang selama ini belum terbayarkan. “Alhamdulillah terima kasih Zakat Sukses, dan para donatur bantuannya semoga Allah SWT membalas kebaikan kalian,” ujarnya. Tak hanya ibu Siti, ibu Nuraini dan ibu Nadya Wulandari pun mendapatkan hal yang sama yaitu bantuan untuk melunai tunggakan kontrakan yang belum terbayar.

Secara keseluruhan, pada aspek sosial kemanusiaan tercatat sebanyak Rp 692.340.885 telah tersalurkan di bulan November. Total, 87 penerima manfaat telah menerima bantuan pada aspek sosial kemanusiaan dengan rincian 8 lembaga, dan 71 perseorangan, dan 8 lainnya masih tahap verifikasi. Angka ini jauh meningkat dari bulan Oktober yaitu Rp 290.664.500, dengan total penerima manfaat 82. Meningkatnya jumlah penerima manfaat ini sebagai landasan bukti keseriusan Zakat Sukses dalam membantu masyarakat dhuafa untuk memenuhi haknya yaitu membangun ekonomi yang lebih sejahtera.

Tak ingin kalah dengan aspek sosial kemanusiaan, pada pilar pendidikan juga mengalami peningkatan signifikan. Pengeluaran penyaluran pada bulan Oktober dari Rp 95.602.501 meningkat di bulan November menjadi Rp 171.846.548. Dari banyaknya bantuan yang tersalurkan selama bulan November, total sebanyak 9 penerima manfaat dengan rincian 1 lembaga, 7 perseorangan, dan satu lainnya masih tahap verifikasi telah mendapatkan bantuan melalui program LAZ Zakat Sukses.

Besar harapan kami berikan kepada siswa-siswi untuk selalu mendapatkan haknya mengikuti pendidikan formal melalui program Bantuan Pendidikan Dhuafa dan Beasiswa Sukses. Pada program Bantuan Pendidikan Dhuafa, penerima manfaat mendapatkan bantuan seputar pendidikan yang dibutuhkan baik biaya bulanan sekolah, perlengkapan sekolah, dan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan.

Seperti yang diceritakan oleh Bu Rina Hilda, salah satu penerima manfaat yang anaknya dibantu dengan adanya program Bantuan Pendidikan Dhuafa. Saat ini, anaknya yang bernama Fathiyah tengah menimba ilmu di salah satu MTS di Kota Depok. Ia merupakan siswa MTS yang saat ini duduk di bangku kelas 7 serta berkeinginan untuk sukses dan membahagiakan orang tuanya kelak di masa yang akan datang.

Keterbatasan ekonomi yang ada tidak menghalangi Fathiyah untuk terus menimba ilmu. Dengan bantuan biaya pendidikan dari para donatur LAZ Zakat Sukses, ia akan berambisi untuk terus semangat belajar dan memberikan yang terbaik untuk ibunda serta keluarga tercinta. Bantuan yang tersalurkan tersebut nantinya akan digunakan untuk membayar uang SPP anaknya yang saat ini masih menunggak dari bulan Januari hingga Juni 2021. Selain itu, bantuan uang tersebut nantinya akan digunakan untuk pembayaran daftar ulang dan perlengkapan sekolah lainnya yang dibutuhkan.

Selanjutnya pada aspek kesehatan juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya. Pada bulan November, LAZ Zakat Sukses telah menyalurkan anggaran sebanyak Rp 63.181.079 untuk 36 penerima manfaat baik untuk lembaga sebanyak 5 maupun perseorangan sebanyak 26. Sedangkan 5 lainnya masih tahap verifikasi. Angka ini naik dari bulan Oktober yang hanya Rp 39.489.000 meskipun penerima manfaatnya sebanyak 186 orang. Peningkatan ini pastinya tidak lepas dari peran penting para donatur yang senantiasa memberikan sebagian rezekinya dengan berzakat atau berdonasi.

Lebih lanjut, berdasarkan data yang ada, sebagian besar anggaran yang keluar untuk para mustahik adalah pada program Layanan Ambulance. Layanan Ambulance yang diberikan kepada penerima manfaat diharapkan dapat mempermudah akses seseorang yang sedang sakit dan terkendala biaya transportasi agar segera dapat pelayanan kesehatan yang dituju. Dilihat dari supir Ambulance LAZ Zakat Sukses, Fajar mengungkapkan kisah yang berbeda setiap dirinya mengantarkan pasien. Dirinya merasa senang dan bangga karena bisa turut ambil bagian langsung dalam mengantarkan pasien, baik pasien konsultasi, tidak sadarkan diri, bahkan hingga yang mendekati ajal. Baginya, menjadi supir ambulance adalah tugas yang mulia.

Berbeda dengan aspek sebelumnya, pada pilar pemberdayaan sedikit mengalami penurunan penyaluran bantuan pada bulan November. Dilihat dari data, total sebanyak Rp 26.336.000 telah tersalurkan kepada yang berhak menerimanya baik lembaga maupun perseorangan. Program utama yang terlaksana pada pilar ini selama bulan November adalah Permodalan Usaha. Salah satu penerima manfaat pada program Permodalan Usaha adalah sosok Nurjanah. Ia saat ini sedang membuka usaha kecil-kecilan di rumahnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, saat ini sang suami sudah tidak bisa bekerja lagi lantaran mengidap penyakit TB Paru.

Terakhir adalah pada aspek dakwah. Pada aspek dakwah, selama bulan November telah menyalurkan kepada 317 penerima manfaat dengan rincian 23 lembaga, 264 perseorangan, dan 30 lainnya masih tahap verifikasi. Total anggaran yang tersalurkan pada pilar dakwah ini sebanyak Rp 471.205.483. Angka ini menunjukkan betapa seriusnya LAZ Zakat Sukses pada aspek dakwah ini terutama kepada guru ngaji di seluruh Kecamatan Kota Depok yang sebagiannya belum hidup sejahtera. Untuk itu, LAZ Zakat Sukses memiliki program khusus untuk para guru ngaji agar memiliki hidup lebih sejahtera dengan nama program Peduli Guru Ngaji.

Selain itu, program lain yang tak kalah penting pada aspek dakwah adalah Santunan/Kegiatan Dakwah. Program ini merupakan yang paling aktif berjalan selama bulan November. Program ini ditujukan kepada wali anak yatim maupun piatu yang memiliki keterbatasan ekonomi. Selain itu, program Maulid Nabi dan dakwah lainnya juga menjadi sasaran dari program tersebut. Kami berharap dengan terlaksananya kedua program tersebut dapat membantu para penerima manfaat yang membutuhkan khususnya para yatim piatu, guru ngaji yang memiliki masalah finansial dalam mencukupi kehidupan sehari-hari.

Terakhir, LAZ Zakat Sukses mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat selama berjalannya program di bulan November. Kepada para donatur, tiada kata yang bisa kami ucapkan selain terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah menebarkan kebaikan melalui santunan donasi kepada kami. Alhamdulillah, amanah tersebut telah tersalurkan kepada yang berhak menerimanya melalui program yang tersebar di sosial kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan, dan dakwah. Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT, dan diberikan kelancaran disetiap langkah kebaikan yang kita lakukan, Aamin.

Laporan
Please follow and like us: