LAGI, ZS Bersama Kelurahan Mekarjaya Bagikan Paket PMT


LAGI, ZS Bersama Kelurahan Mekarjaya Bagikan Paket PMT – Sesuai dengan komitmen LAZ Zakat Sukses dengan Kelurahan Mekarjaya pada saat Grand Launching program RW Zero Stunting, yaitu menjadikan Kota Depok terbebas dari stunting, hingga saat ini, sinergi dari keduanya masih berjalan dengan mulus. Bentuk sinergi yang dilakukan yaitu dengan menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita penderita stunting di Kelurahan Mekarjaya.

Pada Jumat (11/11/2022) lalu, LAZ Zakat Sukses kembali hadir di tengah masyarakat Sukmajaya bersama Kelurahan Mekarjaya menemui langsung balita penderita stunting. Di tempat yang sama seperti sebelumnya, yaitu Gedung Graha Bunga Tanjung RW 11 Mekarjaya, Sukmajaya kami membagikan sejumlah PMT kepada penerima manfaat terpilih khususnya para balita. Kegiatan berlangsung selama tiga jam, dimulai pukul 09.00 WIB, dan berakhir pukul 12.00 WIB.

Mewakili tim LAZ Zakat Sukses, Shafa Nabila, Esti Nur, dan Bagus turun langsung menemui penerima manfaat untuk menyerahkan paket PMT sebanyak 60 porsi. Sementara dalam kesempatan yang sama, proses penyerahan paket PMT juga dihadiri oleh Ibu Dra. Nelda Purnadia Wardhani selaku Lurah Mekarjaya, Ibu Gina selaku Ketua POKJA IV TAPI PKK Kelurahan Mekarjaya, Bapak Wiyana selaku Camat Sukmajaya, dan perwakilan Dinas Pertahanan Pangan dan Perikanan.

Pelaksanaan program sinergi ini begitu disambut gembira oleh sejumlah kalangan yang hadir. Menurut Ibu Nelda, program ini merupakan wujud komitmen dan kepedulian dari Mekarjaya dan Zakat Sukses dalam menyukseskan program pemerintah Kota Depok yaitu D’Sunting Menara. Tujuan lain dari pelaksanaan program ini bila ditinjau dari aspek kesehatan, juga mampu memberikan asupan nutrisi bergizi dengan menu lauk yang disajikan mendukung kondisi tubuh agar terpenuhi kebutuhannya.

Sementara bila ditinjau dari aspek ekonomi, program yang dilaksanakan oleh Zakat Sukses telah mendukung mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu menumbuhkan perekonomian mustahik menjadi lebih sejahtera. Selain itu, program RW Zero Stunting juga telah mendukung program pemerintah Indonesia yaitu mengurangi angka kelaparan dan kemiskinan. Dengan diberikannya paket PMT, para balita diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi seorang anak yang sehat dan kuat berdasarkan usianya.

Sebagai informasi, Program RW Zero Stunting LAZ Zakat Sukses dan Kelurahan Mekarjaya ini sendiri dilatarbelakangi karena adanya temuan data sebaran balita penderita stunting dari BAPEDDA tahun 2022. Data menunjukkan, sekitar 12,3% anak penderita stunting di Kota Depok dan 10% di antaranya berada di wilayah Kecamatan Sukmajaya. Temuan ini menyentuh hati Zakat Sukses bersama Kelurahan Mekarjaya sehingga menunjukkan kepeduliaannya melalui pembagian PMT.

Proses penyerahan paket PMT pun berjalan baik dan terstruktur. Para balita yang didampingi oleh ibunya berkumpul di Gedung Graha Bunga Tanjung RW 11 Mekarjaya, Sukmajaya untuk menerima bantuan PMT. Bagi penerima manfaat yang berhalangan hadir, pemberian PMT diwakili oleh perwakilan PKK dari RW masing-masing untuk diantarkan ke rumah warga tersebut. Seluruh penerima manfaat merasa senang dan ceria atas bantuan yang diberikan dari sinergi Zakat Sukses bersama Kelurahan Mekarjaya. “Terima kasih Zakat Sukses dan Kelurahan Mekarjaya semoga jaya selalu,” ujar salah satu ibu pendamping balita.