Keutamaan Salat Idul Fitri


Keutamaan Salat Idul Fitri – Salat idul fitri adalah ibadah yang dilakukan di pagi hari pada tanggal 1 Syawal. Ibadah inilah yang menandai berakhirnya bulan Ramadhan. Salat idul fitri dilaksanakan di pagi hari dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. untuk dilaksanakan secara berjama’ah di tanah lapang supaya dapat menampung banyak umat muslim dalam beribadah.

Hukum Salat Idul Fitri

Menurut NU online, hukum dari melaksanakan shalat ini adalah Sunnah muakad yaitu Sunnah yang sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan salat Idul Fitri memiliki banyak keutamaan yang dapat diraih bila dilaksanakan. Beberapa keutamaan tersebut akan dibahas dalam artikel ini.

Keistimewaan Salat Idul Fitri

  1. Silaturahmi Antar Muslim

Melalui salat Idul Fitri, kita juga berkesempatan untuk berhubungan dengan sesama umat Islam. Mungkin dalam beberapa bulan atau kesempatan lain, Anda akan sulit untuk menjalin hubungan dengan sesama. Idul fitri adalah kesempatan kita untuk bertemu dan meminta maaf kepada kerabat atau tetangga terdekat kita.

Pada masa Idul Fitri inilah semua umat Islam meninggalkan rumah dan mereka semua meluangkan waktu untuk dapat mengikuti shalat Idul Fitri di masjid atau di ladang sekitar. Jadi inilah keutamaan shalat Idul Fitri, Allah tidak hanya memasukkan unsur tauhid atau hubungan manusia dengan Allah, tetapi juga berpengaruh pada hubungan manusia dengan manusia.

  1. Salat Berjamaah

Salat Idul Fitri pasti dilakukan secara berjamaah. Untuk itu, melalui pelaksanaan sholat berjamaah ini, kita akan mendapatkan pahala sholat berjamaah yang sangat besar dari Allah SWT. Ini adalah kesempatan besar bagi umat Islam untuk berkumpul dan bersatu melalui doa bersama.

  1. Mengagumkan Nama Allah

Dengan melakukan shalat Idul Fitri, kita pasti akan membaca nama Allah berkali-kali. Terutama kalimat takbiratul ihram, atau memahami keagungan Allah. Dengan cara ini kita akan diganjar dengan kemuliaan dan ucapan atau zikir atas nama Allah. Tentunya bagi kita yang jarang berdzikir dan menyebut nama Allah, inilah kesempatan besar kita untuk kembali memuliakan Allah di hari raya umat Islam yang agung ini.

  1. Merayakan Bersama Kemenangan Umat Islam

Dengan melaksanakan salat Idul Fitri, kita juga bisa merayakan Hari Kemenangan bersama umat Islam lainnya. Kebersamaan dan kebahagiaan bisa kita rasakan dalam apa yang kita lakukan setelah shalat Idul Fitri. Tentu saja, kebersamaan dan merasakan kebahagiaan bersama adalah hal mahal yang tidak ada bandingannya.

Anjuran dalam Salat Idul Fitri

  1. Mandi sebelum berangkat salat Ied

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mandi pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ibnu Majah)

  1. Berjalan kaki dalam berangkat maupun pulang salat

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mandi pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ibnu Majah)

Meskipun jaraknya sangat jauh, dianjurkan berjalan kaki karena setiap langkah yang kita lakukan dalam perjalanan akan menjadi pahala yang kita raih.

  1. Mengenakan pakaian terbaik

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami agar pada hari raya mengenakan pakaian terbagus dan wangi-wangian terbaik.” (HR. Hakim)

Di hari penuh kemenangan ini tentu saja anda dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang terbaik. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kita akan menampilkan sisi terbaik kita dalam merayakan hari yang sangat spesial bagi umat muslim.

  1. Menggunakan wangi wangian

Seperti di atas, Rasulullah juga menggunakan wangi-wangian terbaiknya dalam melaksanakan sholat ied. Wangi-wangian ini dapat membuat orang-orang disekitar kita merasakan bau harum yang dapat membahagiakan mereka.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah memberi rekomendasi atau kriteria parfum yang dapat digunakan pria ataupun wanita:

“Parfum seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak beraroma harumnya. Sedangkan wewangian wanita adalah yang warnanya jelas namun aromanya tidak begitu tajam.” (HR. Baihaqi).

Dalam pelaksanaan salat Ied, ibadahnya akan dilama-lamakan untuk memberikan kesempatan waktu kepada kaum muslim yang belum sempat membayar zakat fitrah. Bagi anda yang belum membayarkan zakat fitrah, Zakat Sukses telah mempermudah pembayaran zakat dengan pembayaran online melalui https://digizakat.com/zakat-sukses ataupun secara langsung ke Zakat Sukses yang terletak di di Jl. K.H.M. Yusuf Raya No.95, Mekarjaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Jika Anda ingin membayarkan secara transfer, Anda dapat melakukannya melalui rekening zakat sukses.

Please follow and like us: