hukum shalat

Ini Hukumnya Bagi Seorang Muslim yang Meninggalkan Solat Wajib


Sebagai ummat islam, solat wajib merupakan suatu kebutuhan yang harus dilakukan dan apabila ditinggalkan maka akan mendapatkan dosa yang besar dari Allah SWT. Solat wajib yang dimaksud adalah subuh, zuhur, ashar, maghrib, dan isya dengan total 17 rokaat. Lantas, apa hukumnya bagi seorang muslim yang meninggalkan solat wajib?

Berdasarkan surah Al-Baqarah ayat 43, diartikan bahwa “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku-lah beserta orang-orang yang ruku. Hal ini sudah jelas tertuang di Al-Qur’an bahwa solat merupakan kewajiban bagi muslim baik kaum adam maupun hawa. Rasulullah SAW prnah bersabda dalam HR Muslim, bahwa “Sesungguhnya batas antara seseorang dengan syirik dan kufur itu adalah meninggalkan shalat”.

Dampak bila seorang muslim meninggalkan solat salah satunya adalah dapat masuk ke dalam neraka. seorang mukmin yang meninggalkan salat fardu maka akan diberikan 15 siksaan sesuai penjelasan Syekh Zainuddin al-Malibari dalam kitab Irsyadu al-Ibad. 15 siksaan tersebut terdiri dari 6 siksaan di dunia, 3 siksaan ketika meninggal, dan 3 siksaan saat di alam kubur sampai hari perkumpulan di padang makhsyar.

Bagi muslim yang meninggalkan solat subuh maka akan mendapatkan hukuman masuk neraka jahannam selama 60 tahun, bila meninggalkan solat zuhur dosanya setara dengan membunuh 1000 orang muslim, meninggalkan solat ashar sama halnya seperti menghancurkan ka’bah, meninggalkan solat maghrib dosanya seperti berzina dengan orang tua kandung dan terkahir meninggalkan solat isya maka Allah tidak rida jika dia tinggal di bumi dan segala yang dikerjakan dan digunakan adalah sebuah dosa.

Allah SWT juga akan menyiksa seorang yang mengaku islam namun tidak menjalankan solat, baik siksa dunia, sakaratul maut maupun siksaan di alam kubur. Di dunia, seorang yang meninggalkan solat akan kehilangan keberkahan umur, doanya ditolak, dibenci banyak orang, dan perbuatan baik selama kita lakukan di dunia akan menjadi sia-sia. Sedangkan pada saat sakaratul maut, Allah SWT akan membuat dia mati karena kelaparan, kehausan dan mati dengan cara terhina. Terakhir yakni siksa alam kubur, Allah SWT akan mempersempit kuburnya disertai api yang menyala, dan di dalam kubur ditemani dengan ular besar bernama Asy-Syuja al-Aqra.

Sahabat, begituah hukuman bagi seorang muslim yang tidak menjalankan solat wajib. Apakah sahabat masih ingin lalai atau meninggalkan solat wajib tersebut? Yuk sahabat kita tingkatkan lagi keimanan kita dan melaksanakan solat wajib dengan tepat waktu agar kita terhindar dari segala hukuman oleh Allah SWT, Aamin. Semoga kita semua merupakan orang-orang yang rajin dalam beribadah khususnya solat wajib.