Ikuti Seleksi Ketat Zakat Award 2022, MPOK IIS Raih Program Ekonomi Terbaik


Ikuti Seleksi Ketat Zakat Award 2022, MPOK IIS Raih Program Ekonomi Terbaik – Raih satu penghargaan kategori Program Ekonomi Terbaik “Wanita Tanpa Utang” dalam ajang Zakat Awards 2022, menjadi penutup manis bagi LAZ Zakat Sukses dalam menghadapi tantangan baru di tahun 2023. Penghargaan ini telah diterima langsung oleh Direktur Utama LAZ Zakat Sukses, Bapak Sunarto Zulkifli dari Forum Zakat selaku penyelenggara Zakat Awards 2022.

Zakat Awards 2022 merupakan ajang penghargaan kepada organisasi pengelola zakat yang telah memberikan kontribusi dan solusi nyata dalam tantangan pembangunan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Pencapaian ini diraih oleh program ekonomi (pemberdayaan) LAZ Zakat Sukses bernama MPOK IIS atau kepanjangan dari Kelompok Inspirasi Ibu Sukses. Program ini hadir dalam bentuk koperasi simpan pinjam di tengah masyarakat guna menjadikan ibu-ibu anggota koperasi terbebas dari jeratan pinjaman renternir dengan bunga yang tinggi (riba).

Terdapat dua aspek Sustainable Development Goals (SDGs) yang terlaksana selama berjalannya program MPOK IIS, yaitu mengurangi angka kemiskinan (SDGs nomor 1), dan dapat meningkatkan taraf ekonomi keluarga melalui peran perempuan/ibu (SDGs nomor 4 & 8). Hal ini sejalan dengan visi utama MPOK IIS yaitu “Menjadi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Terbesar dan Terdepan di Kota Depok dalam Mewujudkan Pemberdayaan Perempuan yang Inklusif dan Berkelanjutan.”

Guna mencapai keberhasilan visi, program MPOK IIS memiliki 5 misi yaitu mengelola koperasi simpan pinjam secara modern dan profesional, memberikan pelayanan terbaik untuk kemaslahatan anggota, memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas hidup anggota dan masyarakat, meningkatkan kerjasama antar koperasi dan lembaga lain, serta membangun sistem koperasi yang kuat dan terpercaya.

Berkat visi dan misi inilah LAZ Zakat Sukses kembali mendapatkan penganugerahan sebagai lembaga dengan program ekonomi terbaik apresiasi dari Forum Zakat. Terdapat tiga tahap yang telah dilewati oleh LAZ Zakat Sukses sebelum meraih penghargaan ekonomi terbaik, yaitu pendaftaran berkas (18 s.d 30 November 2022), penilaian berkas (1 s.d 2 Desember 2022), dan online showcase (13 s.d 15 Desember 2022). Pengumuman dan penyerahan penghargaan tersebut bertepatan dengan pembukaan acara Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 pada 23 Desember 2022 di Stadium Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada Jum’at (23/12/2022).

Adapun aspek-aspek yang menjadi penilaian dewan juri dalam menentukan penerima penghargaan, antara lain: Aspek Syariah Program, Latar Belakang Program, Tujuan Program, Ruang Lingkup Program, Proses Pelaksanaan Program, Inovasi yang dikembangkan, Pelibatan Kelompok Rentan, Dampak Program, Kemitraan, dan Potensi Skalabilitas dan Replikasi. Dalam hal ini, dewan juri membagi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) ke dalam tiga kategori lingkup, yaitu skala kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Manajer Program LAZ Zakat Sukses Muhammad Rizky Akbar mengatakan bahwa penghargaan award ini dipersembahkan untuk Muzakki dan Mustahik Zakat Sukses. Untuk muzakki, sebagai pertangungjawaban Zakat Sukses dalam hal menyalurkan donasi dengan tepat sasaran. Kepada Mustahik, sebagai upaya Zakat Sukses memberikan layanan pemberdayaan terbaik. Akbar menambahkan, kedepannya program ini akan dilakukan replikasi di kota-kota lain seperti Pangandaran dan Kabupaten Cirebon. Hal ini dilakukan sebagai salah satu komitmen Zakat Sukses dalam mengembangkan dampaknya lebih luas sekaligus dalam rangka menjadi LAZ tingkat provinsi.

“Alhamdulillah LAZ Zakat Sukses mendapatkan penghargaan Zakat Awards pada Kategori Program Ekonomi terbaik. Dengan Program Perempuan Tanpa Hutang. Program ekonomi memang menjadi concern Zakat Sukses saat ini, untuk mengambil peran terdepan dalam memberdayakan Mustahik. Terima kasih semua pihak yang terlibat saya ucapkan, sukses terus untuk program MPOK IIS dan program lainnya,” kata Manajer Program LAZ Zakat Sukses.