zakat fitrah

Hukum, Fiqih, dan Tata Cara Zakat Fitrah Terbaru 2021

Penulis: Shofa Syahidah

Sahabat, Ramadhan merupakan bulan yang “spesial” bagi umat muslim karena semua amalan yang kita lakukan bernilai pahala yang berlipat ganda. Salah satu ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan, selain puasa dan shalat tarawih, diantaranya adalah Zakat Fitrah.

Zakat Fitrah adalah zakat yang ditunaikan bagi umat muslim yang mampu. Zakat ini ditujukan dalam rangka membersihkan diri dari sesuatu perbuatan yang dapat mengotori pahala ibadah puasa. Zakat fitrah wajib dibayarkan untuk seorang muslim dan setiap orang yang menjadi tanggungan nafkahnya.

Nantinya, zakat fitrah akan diberikan pada 8 Golongan Mustahik (penerima zakat), yaitu:

  1. Fakir
  2. Miskin
  3. Amil (pengelola zakat)
  4. Mualaf
  5. Hamba Sahaya
  6. Gharim (orang yang terlilit hutang)
  7. Fii Sabilillah (orang yang berjuang untuk menegakkan Islam)
  8. Ibnu Sabil (orang yang dalam perjalanan dan kehabisan bekal)

Hukum zakat fitrah adalah wajib bagi yang mampu dan hanya bisa ditunaikan hingga pada waktu terbenamnya matahari pada hari terakhir bulan Ramadhan sehingga sebaiknya ditunaikan seawal mungkin untuk meminimalisir terlewatnya zakat fitrah. 

Tata cara membayar zakat fitrah yaitu dimulai dari berniat lalu dilanjutkan dengan menyalurkan zakat fitrah. Berikut merupakan bacaan niat menunaikan zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

(Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala)

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Yang Mahatinggi.”

Zakat fitrah bernilai sebesar 1 sha’ yang nilai/harganya sama dengan 2,5 kilogram beras atau 3,5 liter beras pada daerah masing-masing, serta disesuaikan dengan konsumsi perorangan sehari-hari. Paket Zakat Fitrah tersedia di Zakat Sukses dengan besaran Rp 37.500 / orang sesuai dengan berita edaran BAZNAS Kota Depok terkait penetapan harga beras untuk standar pembayaran zakat fitrah tahun 1442 H/2021 M.

Mau menunaikan zakat fitrah? di Zakat Sukses aja! Kami akan menyalurkan zakat Anda kepada mereka yang berhak menerimanya. Zakat disini.

Ingin tanya seputar zakat dan konsultasi zakat? Hubungi Layanan Konsultasi Zakat LAZ Zakat Sukses disini.

Please follow and like us: