HPSN 2021, LAZ Zakat Sukses Lakukan Sinergi dengan Kecamatan Sukmajaya Dalam Pengelolaan Sampah Kota Depok

Pada Hari Peduli Sampah Nasional 2021 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberi penghargaan kepada Kota Depok sebagai Kota yang Mampu Mengurangi Sampah. Kota Depok bisa mengurangi sampah sebanyak 20 persen dari total sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kota Depok telah memiliki beberapa program yang digagas untuk upaya pengurangan sampah. Antara lain pembentukan bank sampah, Unit Pengelolaan Sampah (UPS), dan inovasi lainnya. LAZ Zakat Sukses sebagai lembaga kemanusiaan di Kota Depok juga turut mengambil peran dan memberi inovasi dalam pengelolaan limbah minyak jelantah.

Ibu Elly Farida, Ketua Tim Penggerak PKK bersama Sunarto Zulkifli, Direktur LAZ Zakat Sukses melakukan penuangan simbolis minyak jelantah

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, pada Jumat, 5 Maret 2021 berkolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan Sukmajaya, Komunitas Bank Sampah, Tim Penggerak PKK Kecamatan Sukmajaya dan PT Daur untuk Bangsa, LAZ Zakat Sukses mendukung gerakan memilah sampah dan mengajak masyarakat untuk turut peduli terhadap permasalahan sampah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok ini dihadiri oleh Bunda Elly Farida selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Ibu Ety Suryahati selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Lingkungan, Bapak Tito Ahmad Riyadi selaku Bapak Camat Kecamatan Sukmajaya, Ibu Ike Saptawati Meina selaku Koordinator Bank Sampah Kecamatan Sukmajaya dan Bapak Nyoman Agus Saputra selaku perwakilan dari PT Daur untuk Bangsa.

Pada acara ini salah LAZ Zakat Sukses berkolaborasi dengan pemerintah dan komunitas setempat untuk mengajak masyarakat mengurangi limbah minyak jelantah yang dibuang secara sembarangan. Agar tidak mencemari lingkungan, LAZ Zakat Sukses menyediakan Dropbox Sedekah Minyak Jelantah di Bank Sampah Merdeka yang baru saja diresmikan dan berlokasi di Kantor Kecamatan Sukmajaya. Setiap minyak jelantah yang terkumpul akan dijual sebagai bahan baku biodiesel dan hasil penjualannya akan digunakan untuk membantu korban bencana di Indonesia.

Sunarto Zulkifli selaku Direktur LAZ Zakat Sukses menyampaikan rata-rata bersih minyak jelantah yang telah terkumpul mencapai 1 ton per bulan. Dengan konversi kurang lebih 35 juta yang telah disumbangkan untuk bantuan korban bencana yang terjadi di Indonesia. Seperti gempa yang terjadi di Kalimantan Selatan dan Banjir di Sumedang. Saat ini, selain di Kantor Kecamatan Sukmajaya, Dropbox Sedekah Minyak Jelantah juga tersedia di beberapa titik diantaranya di setiap RT di RW 20 Kelurahan Abadijaya.

Harapannya melalui kegiatan ini, semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan bumi dari sampah. Kerusakan lingkungan dan timbulnya bencana yang terjadi di awal tahun ini adalah peringatan bagi kita semua, agar memperhatikan permasalahan sampah dengan lebih serius. Semoga kedepannya, melalui sedekah minyak jelantah, kita akan mampu membantu lebih banyak masyarakat yang tertimpa bencana, dan mampu menjaga bumi kita dari pencemaran lingkungan.