Hadapi Ancaman Banjir, Zakat Sukses dan SDI Ramah Anak Adakan Dongeng Edukatif

Musim hujan telah tiba, banyak langkah yang perlu kita siapkan untuk menghadapi musim yang lembab ini. Diantaranya adalah mempersiapkan pakaian kering dan juga mengantisipasi banjir. Debit air yang tinggi karena curah hujan yang intens sangat berpotensi menghasilkan banjir. Apabila tidak diantisipasi secara dini, banjir dapat membuat kerugian yang sangat besar.

Perlunya pendidikan mengenai banjir kepada anak – anak sangatlah diperlukan. Oleh karena itu, pada tanggal 6 Januari 2020 LAZ Zakat Sukses bersama SDI Ramah Anak mengadakan dongeng tentang banjir sekaligus penggalangan dana untuk korban banjir yang sejak 1 Januari 2020 terus bertambah.

Raut keceriaan anak-anak ketika Kak Didi UK menyampaikan dongengnya

Dongeng dipandu oleh Kak Didi UK, selaku pendongeng nasional. Dirinya berpesan kepada anak – anak untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mencemari lingkungan. Sampah yang menumpuk pada selokan dan sungai – sungai akan menyebabkan aliran tersumbat. Sumbatan tersebutlah yang membuat air sulit mengalir dan akhirnya meluap ditambah debit air yang tinggi akibat hujan.

Para peserta yang merupakan kelas 1 sampai dengan 6 SD diberikan penjelasan tersebut seringan mungkin. Lewat cerita – cerita dan juga beberapa atraksi sulap sukses membuat peserta antusias dalam memahami dampak sampah dan pencemaran lingkungan.

(Dari kiri ke kanan) Pak Asep (wk. kepala sekolah), Fauzan (zakat sukses), siswa SDIRA, Kak Didi UK (pendongeng)

Acara ditutup dengan penggalangan dana untuk korban banjir di daerah Lebak, Banten yang sejak 1 Januari 2020 mengalami banjir bandang yang sangat dahsyat hingga menghanyutkan belasan rumah dan beberapa jembatan yang menjadi jalan utama warga melintas.