GERAKAN MEMBELI BERAS KEPADA PETANI LOKAL

 

 

LAZ Zakat Sukses masih tetap fokus pada 5 (lima) pilar program yakni Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan, Dakwah dan Sosial/Tanggap Bencana. Pilar pendidikan meliputi : SMA Gratis bagi kaum dhuafa (SMA Negeri 5 Terbuka Zakat Sukses), dan Beasiswa Sukses. Pilar Kesehatan meliputi : Layanan Kesehatan Gratis, Ambulance Gratis dan Santunan Premi BPJS. Pilar Pemberdayaan Ekonomi meliputi : Sahabat Warung dan Suksesprener. Pilar Dakwah meliputi Kafalah Dai dan parcel untuk para dhuafa dan dai. Pilar Sosial meliputi program siaga bencana dan santunan 1000 Yatim.

Hanya saja tahun 2018 ini adalah program baru yang kami luncurkan yakni Program RW Sukses Berdaya, Beasiswa Yatim dan Gerakan Membeli Beras kepada Petani Lokal. Program yang ketiga adalah Gerakan Membeli Beras kepada Petani Lokal. Gerakan ini merupakan gerakan bersama seluruh lembaga amil zakat yang tergabung dalam organisasi FOZ (Forum Zakat).

Gerakan ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat yang meningkat saat bulan Ramadhan, terutama saat pembayaran zakat fitrah. Jika selama ini masyarakat membayar zakat fitrah dengan menggunakan uang, maka saat ini masyarakat bisa menggunakan uang untuk beli beras kepada petani dan kemudian baru dibayarkan zakat fitrahnya.

Program ini dapat memberikan manfaat 2 sasaran. Sasaran pertama adalah para penerima manfaat zakat fitrah. Mereka akan bersama-sama bahagia di hari raya Idul Fitri tanpa harus memikirkan kekurangan ataupun ketiadaan beras. Sasaran kedua adalah petani lokal. Sudah menjadi rahasia umum, petani lokal belum mendapatkan kehidupan yang layak. Harga beras seringkali dikendalikan oleh para tengkulak, yang ujung-ujungnya sangat merugikan petani. Penjualan beras meningkat, petani tetap miskin karena sudah terlebih dulu dibeli para tengkulak dengan harga murah. Program beli beras petani lokal ini, mendekatkan petani langsung dengan konsumen beras. Harga belinya diatas harga yang ditetapkan tengkulak. Dengan demikian diharapkan petani akan mendapatkan nilai beras yang sesuai dengan upaya yang sudah dikeluarkan selama ini. Khusus Gerakan Beli Beras kepada Petani Lokal ini sedang diwacanakan untuk dilakukan sepanjang tahun karena kebutuhan beras bukan hanya pada bulan Ramadhan saja.

Menurut perhitungan yang dilakukan oleh FOZ, selama bulan Ramadhan setidaknya dibutuhkan 500.000 ton beras setiap tahun, dengan nilai akumulasi bisnis sekitar Rp12.5 trilyun. Angka yang sangat besar jika dilakukan secara lebih baik dan terstruktur. Secara bisnis pastinya dapat meningkatkan kualitas hidup petani. Ramadhan tahun 2018 ini, LAZ Zakat Sukses membeli 22 ton beras kepada beberapa kelompok di daerah Karawang dan sekitarnya. Setiap pembayar zakat fitrah yang mempercayakan penyaluran zakat fitrah di LAZ Zakat Sukses langsung dikonversi kedalam bentuk beras siap salur.

Mencermati peluang yang demikian besar, kami mohon dukungan Bapak/Ibu Donatur/Muzakki sekalian untuk mensukseskan Gerakan Membeli Beras Kepada Petani Lokal ini di Ramadhan tahun depan. Namun demikian, saat ini sedang mewacana kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan diluar Ramadhan. Mohon doa Bapak/ibu sekalian, semoga bisa segera terlaksana sehingga petani lokal bisa ikut terberdayakan.

Transfer Donasi :

Bank Syariah Mandiri:
703 9797 498

BNI Syariah:
828 111 111 1

Bank Mega Syariah:
1000 136 124

Bank DKI Syariah
705 091 11111

Semua rekening a.n Yayasan Zakat Sukses

CP : 0822-1162-7700

Tambahkan angka 12 sebagai kode transfer bencana gempa Lombok

Contoh:
Rp5.000.012

​Fanpage: @zakatsukses​
​Instagram: @zakatsukses​
Website: www.zakatsukses.org

#​Sahabat ZakatMenebarManfaat  #BeliBerasKePetaniLokal #22Ton

Head Office :
Jl. KH. M. Yusuf Raya No. 95
Kel. Mekarjaya, Kec. Sukmajaya-Depok
Telp. (021) 771 0964, WA Center 082211627700