Gebrak Peningkatan UMKM, LAZ Zakat Bersama Pemkot Depok Resmikan Program Satu RW Satu Usaha

Sabtu, 13 Maret 2021 Pukul 10.00 WIB telah terlaksana pelatihan untuk mitra Mie Ayam Goceng Kecamatan Sukmajaya dan Cimanggis serta peresmian Program Pemberdayaan LAZ Zakat Sukses yaitu Satu RW Satu Usaha. Bertempat di Aula Kantor Pusat LAZ Zakat Sukses dihadiri oleh Wakil Walikota Depok Bapak Ir. H. Budi Imam Hartono, Camat Sukmajaya Bapak Tito Ahmad Riyadi, Direktur LAZ Zakat Sukses Bapak Sunarto Zulkifli dan peserta calon mitra Mie Ayam Goceng Kecamatan Sukmajaya dan Cimanggis Kota Depok.

Acara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk peresmian program pemberdayaan LAZ Zakat Sukses Satu RW Satu Usaha yang menjadikan Mie Ayam Goceng sebagai bentuk usahanya, sekaligus memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan calon mitra dari Kecamatan Sukmajaya dan Cimanggis agar mampu memproduksi Mie Ayam Goceng yang sesuai prosedur dan standar rasa yang telah ditetapkan.

Direktur LAZ Zakat Sukses dalam sambutannya mengatakan saat ini sudah terdapat 170 mitra Mie Ayam Goceng dari target di tahun 2021 adalah 200 mitra. Total RW di Kota Depok adalah lebih dari 900 RW, sehingga masih banyak peluang bagi masyarakat untuk bergabung menjadi mitra.

Wakil Walikota Depok juga mengatakan dengan adanya usaha Mie Ayam Goceng dapat menjadi peluang dan salah satu solusi dari banyaknya usaha/pabrik yang gulung tikar akibat terdampak Pandemi Covid-19. Beliau juga menekankan dalam menjalankan usaha, utamakan profesionalisme, cara promosi efektif melalui media sosial, kebersihan makanan, serta mempertimbangkan harga jualnya.

Hal tersebut bisa didapatkan oleh para mitra melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan, seperti pelatihan Mie Ayam Goceng ini. Saat ini, Pemerintah kota Depok pun memiliki program untuk pemberdayaan UMKM, maka dari itu membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat terutama para penggiat UMKM. Terakhir, beliau juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut bergabung menjadi mitra Mie Ayam Goceng serta kepada yang ingin berzakat atau berdonasi bisa disalurkan melalui LAZ Zakat Sukses sebab secara tidak langsung dapat turut berkontribusi dalam program pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan simbolik berupa pemakaian apron Mie Ayam Goceng oleh Wakil Walikota Depok dan Camat Sukmajaya kepada salah satu pendamping usaha Mie Ayam Goceng, Diah Ayu Pitaloka, serta calon mitra Sukmajaya, Mba Daffa.

Agenda diakhiri dengan foto bersama dan dilanjutkan pelatihan kepada para calon mitra yang dipandu langsung oleh pendamping Mie Ayam Goceng Sukmajaya. Harapannya melalui pelatihan ini, peserta dapat memahami bagaimana proses pembuatan Mie Ayam Goceng yang sesuai dengan standar dan prosedur sehingga dapat memulai menjalankan usahanya di lingkungan rumah dan RW masing-masing. Semoga melalui program ini, akan lahir pengusaha-pengusaha baru yang mandiri, berdaya dan peduli.